Pemprov Sumsel Tembus Top 30 Pengelola Pengaduan Publik Terbaik Nasional

Tentang Sumsel  SELASA, 10 DESEMBER 2019 | 14:11 WIB

Pemprov Sumsel Tembus Top 30 Pengelola Pengaduan Publik Terbaik Nasional

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, menyerahkan penghargaan kepada Pemprov Sumsel, yang diwakili Kadis Kominfo, Achmad Rizwan

MoeslimChoice | SP4N-LAPOR! Pemprov Sumsel ditetapkan sebagai Top 30 Instansi Pemerintah Pengelola Pengaduan Publik Tingkat Nasional oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, diwakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, H. Achmad Rizwan, S. STP, MM., menerima penghargaan tersebut dari Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, didampingi Deputi Pelayanan Publik, Diah Natalisa, di Ballroom Hotel Le-Meridien, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Usai melewati sejumlah tahapan kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tingkat Nasional (SP4N)-LAPOR! 2019, Dewan Juri —yang terdiri dari Menteri PAN-RB Periode 2011-2014 Azwar Abubakar, GM Media Services Berita Satu TV Adi Prasetya, Komisioner Ombudsman RI Dadan S. Suharmawijaya, Akademisi Meuthia Ganie-Rochman, Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI Sularsi, dan Direktur Program dan Produksi iNews Sulaeman Sakib— menetapkan SP4N-LAPOR! Pemprov Sumsel masuk Top 30 Instansi Pemerintah Pengelola Pengaduan Publik Tingkat Nasional dari 312 Pemerintah Kab/Kota, Pemerintah Provinsi, Kementerian, dan lembaga se-Indonesia.

H. Herman Deru, melalui Rizwan, mengatakan, "Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Publik ini sangat baik dalam mengukur indikator keberhasilan Pemprov Sumsel dalam melaksanakan pelayanan publik untuk pelaporan dan penyampaian aspirasi masyarakat."

Ditambahkan Herman Deru, "SP4N-LAPOR! Pemprov Sumsel pada tahun 2019 ini masuk Top 30 tingkat nasional, dengan penghargaan ini harapan kita agar Pemprov Sumsel semakin terpacu meningkatkan pelayanan publik dengan melakukan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik."

Ia pun meminta agar seluruh Sumsel dapat memanfaatkan aplikasi SP4N-LAPOR! sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai masalah publik yang dihadapi.

“Pemerintah harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberikan solusi," tegasnya.

Menurut Rizwan, untuk sosialisasi SP4N-LAPOR!, Pemprov Sumsel terus melakukan berbagai terobosan, antara lain melalui program SP4N LAPOR! Goes to Campus, Goes to School, Forum Lapor, dan Duta Lapor.

Pemerintah Kab/Kota se-Sumsel, dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik, mengelola berbagai pengaduan publik ini dalam berbagai platform, baik secara konvensional maupun digital. Hal ini demi mendorong terciptanya clean government.

“Selain itu, Pak Gubernur pun, dalam berbagai kegiatan, selalu menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan SP4N-LAPOR! Pemprov Sumsel untuk melaporkan dan menyampaikan aspirasinya,” ujar Rizwan. [yhr]


Komentar Pembaca