Menikah dan Bercerai di Jabar Wajib Sumbang Pohon

Daerah  SENIN, 09 DESEMBER 2019 | 22:03 WIB | Sunarya Sultan

Menikah dan Bercerai di Jabar Wajib Sumbang Pohon

Foto/net

Moeslimchoice | Pemerintah daerah Jawa Barat mencanangkan gerakan menanam 25 juta pohon di 2020. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kegiatan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum bagian hulu di Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (9/12//2019).

Untuk mewujudkan penghijauan itu, pihaknya bakal mengoptimalkan partisipasi masyarakat. Gerakan penanaman pohon ini diupayakan mampu menanam pohon baru di wilayah lahan kritis.

Masyarakat secara sukarela menyumbang pohon untuk kemudian ditanam. Bahkan, sambung Ridwan, nantinya pasangan yang akan menikah dan bercerai wajib menyumbang pohon ke Pemerintah Jabar.

"Lingkungan ini bukan hanya urusan pemerintah. Pemerintah sekuat-kuatnya punya keterbatasan. Oleh karena itu ibu-ibu menyumbang pohon setuju?," pungkas Ridwan Kamil.

Pemprov Jabar, menurut pria yang akrab disapa Emil ini menyebutkan, masih mengkaji aturan melalui surat edaran terkait sumbangan pohon dari masyarakat ini. Dia pun ikut menyinggung warga yang ingin menikah dan bercerai untuk menyumbang bibit pohon.

"Bulan depan kita mulai bikin edaran. Kalau mau nikah sumbang pohonnya 10 nanti di KUA. Kalau dia cerai jumlah pohon sumbangannya 100, kita buat susah yang ingin cerai," jelas Emil.

Lebih lanjut mantan wali kota Bandung ini menuturkan, surat edaran tersebut tidak hanya berlaku untuk pasangan. Namun juga untuk para siswa, mahasiswa hingga PNS.

"Lulusan SD nyetor 10 pohon, lulusan SMP nyetor 10 pohon juga. Pohon itu ada yang Rp10 ribu, Rp20 ribu, ada Rp50 ribu. Anggap saja kalau 10 pohon cuma nyumbang Rp50 ribu. Kalau mau kelulusan demi lingkungan saya kira enggak ada masalah," terang Emil.

Sedangkan untuk lulusan SMA ke perguruan tinggi menyumbang sekitar 20 pohon. Adapun wisudawan diharapkan menyumbang 20-50 pohon.

"Untuk PNS yang promosi jabatan minimal 50 pohon. Termasuk di kawasan Bandung Raya yang dapat IMB, menyumbang 1.000 pohon. Kita aturlah nanti dalam edaran ini," tutup Emil. [nry]


Komentar Pembaca