Gunung Meletus Tewaskan Lima Wisatawan di Selandia Baru

Internasional  SENIN, 09 DESEMBER 2019 | 16:51 WIB

Gunung Meletus Tewaskan Lima Wisatawan di Selandia Baru

foto/net

Moeslimchoice. Lima orang tewas, lusinan terluka dan 27 diyakini hilang setelah gunung berapi meletus di dekat sekelompok wisatawan di lepas pantai Selandia Baru. 

MC Award 2

Whakaari juga dikenal sebagai Pulau White (Putih), yang terletak 48 km (29 mil) dari Pulau Utara Selandia Baru, meletus sekitar jam 02.11 siang waktu setempat pada hari Senin (9/12). meniupkan asap besar dan puing-puing 3.657 m (12.000 kaki) ke langit. 

Sekelompok wisatawan telah berada jauh di dalam kawah hanya beberapa saat sebelum ledakan terjadi, sementara yang lain di atas kapal ke pulau itu terpaksa mencari perlindungan karena asap hitam tebal mengepul ke arah mereka. 

Pejabat Selandia Baru menegaskan siang ini, bahwa satu orang lagi meninggal dan 'kemungkinan' akan ada lebih banyak korban jiwa. 

"Pada tahap ini terlalu berbahaya bagi polisi dan penyelamatan untuk pergi ke pulau itu ... pulau itu saat ini tertutup abu dan material vulkanik," kata Wakil Komandan Operasi Nasional, John Tims, Senin (9/12). 

Diyakini setidaknya kurang dari 50 orang berada di pulau itu pada saat letusan terjadi dan 23 telah dievakuasi dan dibawa ke daratan dengan tandu yang tertutup abu.

"Sebagian dari mereka, saat ini, masih belum diketahui nasibnya," kata Perdana Menteri Selandaia Baru, Jacinda Ardern. 

"Sejumlah orang dilaporkan cedera dan diangkut ke daratan," tambahnya. Dia mengatakan, bahwa bencana itu sepertinya 'sangat signifikan'. [mel]


Komentar Pembaca