Hari Antikorupsi Jokowi Absen di Acara KPK

Nasional  SENIN, 09 DESEMBER 2019 | 11:35 WIB | Sugiharta Yunanto

Hari Antikorupsi Jokowi Absen di Acara KPK

MoeslimChoice | Presiden Joko Widodo memilih datang ke acara peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia atau Hakordia dengan menghadiri pentas pergelaran  #PrestasiTanpaKorupsi di SMK Negeri 57 Jakarta, Taman Margasatwa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin, 9/12/19. Jokowi bilang sudah bertahun-tahun selalu hadir di acara Peringatan Hari Antikorupsi Se-Dunia yang digelar KPK.

"Nggak, Setiap tahun saya hadir. Setiap tahun saya hadir. Hanya ini kan Pak Maruf belum pernah ke sana," ujar Jokowi di SMK 57 Jakarta.

Karena itu, pada peringatan Hari Antikorupsi Se-Dunia tahun 2019, dirinya ingin memberi kesempatan kepada Maruf Amin yang baru menjabat sebagai Wakil Presiden. "Ya bagi -bagi lah masa setiap taun saya terus. Ini Pak Maruf belum pernah ke sana. Silahkan Pak Maruf, saya di tempat lain," kata dia.

Ketika ditanya soal harapan Pimpinan KPK yang menginginkan Jokowi di acara tersebut, Jokowi tak mengatakan kedatangan dirinya sudah diwakili oleh Maruf Amin. "Ya nggak apa-apa menunggu, tapi yang hadir Pak Maruf Amin," katanya.

Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishutama, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya,Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang berharap Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat menghadiri acara pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia. Acara pembukaan Hakordia itu sedianya akan digelar di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Saut bahkan sampai berseloroh soal keinginannya itu, jika Jokowi hadir di acara Hakordia untuk memeluk para pimpinan KPK di penghujung masa jabatannya. "Saya belum tahu (Jokowi hadir atau tidak), tapi saya masih berharap hadir lah. Apakah Wapres hadir atau pak Jokowi hadir. Pak Jokowi lah yang hadir, untuk bisa bersalaman terakhir kali, salam-salaman sama kami berlima, kalau perlu meluk presiden-nya," kata Saut saat ditemui di kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 8/12/19.


Komentar Pembaca