Hasil Rakernas, PAN Gelar Kongres Maret 2020

Polhukam  SABTU, 07 DESEMBER 2019 | 22:05 WIB

Hasil Rakernas, PAN Gelar Kongres Maret 2020

Suasana Rakernas PAN di Hotel Millennium, Jakarta, Sabtu (7/12/2019)

MoeslimChoice | Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) hari ini menghasilkan sejumlah keputusan terkait tuan rumah dan waktu kongres. Kongres PAN diputuskan digelar pada pada Maret 2020.

Ketua Steering Committee Rakernas PAN 2019, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan, Kongres PAN akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada Maret mendatang.

"Alhamdulilah kita sudah menyepakati dua hal. Pertama kongres PAN akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada bulan Maret 2020. Kami belum menentukan tanggalnya langsung karena mengingat persoalan teknis akomodasi dan transportasi," kata Saleh, usai Rakernas PAN di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2019).

Kedua, terkait tuan rumah atau tempat pelaksanaan kongres. Menurut Saleh, ada sembilan daerah yang berminat untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum tertinggi partai tersebut.

Kesembilan daerah itu, antara lain, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Papua.

"Jadi saya kira udah sembilan ya, jadi sembilan tempat ini lah nanti yang akan di bawa ke DPP PAN, untuk dilakukan verifikasi dan juga survei tempat itu," ujar Saleh.

Wasekjen DPP PAN itu menambahkan, daerah yang nantinya ditunjuk menjadi tuan rumah kongres partai mesti memiliki spesifikasi untuk memfasilitasi para peserta, misalkan saja terkait hotel atau penginapan, fasilitas penunjang, dan lain sebagainya.

"Mengingat jumlah peserta kongres yang akan datang lebih dari 3.000 orang. Oleh karena itu, kami akan menyerahkan ini langsung pada DPP," tukasnya.

Salah satu agenda Kongres PAN 2020 nanti adalah memilih Ketua Umum untuk periode lima tahun mendatang.

Sejauh ini, ada beberapa nama yang disebut-sebut jadi bakal calon Ketua Umum, yakni incumbant Zulkifli Hasan, lalu Bima Arya, Asman Abnur, Mulfachri Harahap dan Hanafi Rais. [yhr]


Komentar Pembaca