Untuk Kamtibnas Jelang Natal, Peredaran Minuman Berakohol di Papua Dilarang

Polhukam  JUMAT, 06 DESEMBER 2019 | 22:15 WIB | Sunarya Sultan

Untuk Kamtibnas Jelang Natal, Peredaran Minuman Berakohol di Papua Dilarang

Foto/net

Moeslimchoice | Jelang perayaan Hari Raya Natal 2019 dan menghadapi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2020, Pemerintah Provinsi Papua melarang peredaran minuman beralkohol dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Aparat penegak hukum diminta Asisten 1 Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerwa untuk turut mendukung kebijakan pelarangan peredaran minuman beralkohol di Papua.

"Saya minta jajaran Pemkab Biak Numfor dan aparat penegak hukum Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja mendukung kebijakan pelarangan peredaran minuman beralkohol di tanah Papua," ucap Doren usai membuka forum grup diskusi penindakan pelanggaran Perda minuman beralkohol dalam rangka kesiapan pengamanan PON XX Papua 2020 di Kabupaten Biak Numfor, seperti dilansir dari Antara pada Jumat (6/12/2019).

Lebih lanjut Doren mengatakan, akan bahaya dari mengonsumsi minuman beralkohol. Secara tidak sadar, disebutkannya, peredaran minuman beralkohol di Papua telah ambil bagian dalam memperpendek kehidupan orang asli Papua.

Aparat penegak hukum, menurutnya, tinggal melaksanakan peraturan daerah yang sudah dibuat dalam pelarangan peredaran minuman beralkohol ini.

"Warga yang konsumsi minuman beralkohol selain akan kehilangan kesadaran diri juga bisa melakukan perbuatan kriminal yang melanggar hukum, seperti kekerasan dalam rumah tangga hingga mengalami kecelakaan di jalan," tuturnya.

Untuk itu Doren berharap agar masyarakat Papua semakin menyadari bahaya mengkonsumsi minuman beralkohol sehingga pengawasan peredaran semakin mudah di hari mendatang.

"Melalui forum diskusi grup dan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesamaan pendapat antaraparat penegak hukum dan pimpinan organisasi perangkat daerah dalam mencegah peredaran minuman beralkohol di Papua selama menghadapi PON XX Papua," pungkas Doren yang juga sebagai Plt Kepala Satpol Pamong Praja Provinsi Papua.

Di lain pihak, Kasat Narkoba Polres Biak Ajun Komisaris Mika Rumbrapuk menegaskan bahwa pihaknya akan menggalakkan penindakan terhadap pengedar minuman beralkohol.

"Kami sudah memproses pengedar minuman beralkohol jenis sopi di Pengadilan Negeri Biak," jelas AKP Mika. [nry]


Komentar Pembaca