Unik, ‘Name Tag’ Pejabat Ini Pakai Huruf Jawa Kuno

Daerah  KAMIS, 05 DESEMBER 2019 | 11:07 WIB

Unik, ‘Name Tag’ Pejabat Ini Pakai Huruf Jawa Kuno

Wiwid Peni Dwi Anatari

MoeslimChoice | Umumnya, name tag atau nama dada di Indonesia menggunakan aksara latin. Tapi, tidaklah demikian di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ditemukan name tag pejabat yang terbilang unik, saking langkanya. Nama dada pejabat yang satu ini menggunakan huruf Jawa kuno.

Padahal, di era milenium sekarang, sudah amat langka orang yang bisa membacanya. Orang Jawa sendiri tak banyak lagi yang sanggup melafalkan aksara ho-no-co-ro-ko dengan dalih lupa terhadap tulisan dari nenek moyangnya itu.

Inilah bedanya Kepala Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Wiwid Peni Dwi Anatari. Sang Bu Kades ini justru mengenakan name tag bertuliskan aksara Jawa kuno.

Sepintas, ia terlihat seperti rangkaian huruf latin biasa yang dimodifikasi. Namun, setelah dicermati, ternyata itu adalah asli aksara Jawa kuno.

Menurut Wiwid, kebijakan penulisan nama dada dengan aksara Jawa kuno ini semata-mata sebagai bahan pengingat agar tidak lupa terhadap warisan leluhur.

“Ya, ini memang saya sengaja. Maksudnya apa? Ini sebagai bahan belajar pula bagi anak-anak dan kita semua agar tetap mengingat bahasa dan aksara orang Jawa di zaman dulu,” katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Kamis (5/12/2019).

Ia kemudian menyampaikan sedikit kekecewaannya terhadap kondisi zaman sekarang yang membuat bahasa dan aksara Jawa kuno cenderung kian punah.

“Orang Jawa sekarang sudah hilang ke-Jawa-annya. Justru sekarang ini banyak yang pandai berbahasa asing tapi lupa akan tata bahasanya sendiri. Cobalah sekarang, pemuda seusia anak SMA yang asli Jawa saja, kalau disuruh berbahasa Jawa dan menulis aksara Jawa, pasti tidak bisa,” katanya.

Apa yang dikeluhkan Wiwid itu memang fakta. Kini, banyak orang Jawa yang tak lagi mengenal tulisan beraksara Jawa. Bahkan, tutur kata khas warisan nenek moyangnya pun sudah semakin tergerus. [yhr]


Komentar Pembaca