Selain Enggartiasto, Jokowi Wajib Tanggung Jawab Soal Busuknya 20 Ribu Ton Beras Impor

Nasional  SELASA, 03 DESEMBER 2019 | 06:10 WIB

Selain Enggartiasto, Jokowi Wajib Tanggung Jawab Soal Busuknya 20 Ribu Ton Beras Impor

Moeslimchoice | Harus ada tanggung jawab dari pemerintah terkait busuknya 20 ribu ton beras senilai Rp 160 miliar yang berada di gudang Perum Bulog.

Selain kementerian terkait, peranan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala negara juga memiliki tanggung jawab besar terhadap kebijakan mantan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

"Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, BPS (Badan Pusat Statistik), Bulog, Badan Ketahanan Pangan. Dan pemimpin kementerian lembaga tersebut (Presiden)," kata pengamat politik dan ekonomi dari Universitas Airlangga, Ichsanuddin Noorsy, Senin (2/12).

Dirinya juga mempermasalahkan pola koordinasi yang dilakukan kementerian dan lembaga terkait dengan ketahanan pangan dan ketersediaan beras di Indonesia itu. Sebab selama ini, Presiden Jokowi terkesan tak mengetahui sepenuhnya soal ketersediaan beras dalma negeri. 

Hal itu terlihat dengan lolosnya impor yang berujung mubazirnya puluhan ribu ton beras. "Kenapa para anggota kabinet yang lain diam. Siapa sih pemimpin Mendag?" ujarnya.


Komentar Pembaca