Tahun Ini, Pesantren di Jakarta Lebih dari 100

Pendidikan  SENIN, 02 DESEMBER 2019 | 17:55 WIB | Sunarya Sultan

Tahun Ini, Pesantren di Jakarta Lebih dari 100

Foto/net

Moeslimchoice | Jumlah pesantren di Ibu Kota pada tahun ini mencapai 106 unit pesantren. Angka tersebut berdasarkan data Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta.

Apabila angka tersebut diperinci lebih lanjut menurut kota administratif, yakni Jakarta Barat (23 pesantren), Jakarta Utara (14 pesantren), Jakarta Selatan (17 pesantren), Jakarta Timur (51 pesantren), dan Kepulauan Seribu (satu pesantren).

"Jumlah pesantren di DKI ada sekitar 106 buah, tetapi yang mengadakan terkait diniyah itu hanya beberapa. Istilahnya, yang persamaan itu," jelas Kepala Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab seperti dikutip Republika, belum lama ini.

Sejumlah pesantren tersebut dipandang telah berkontribusi besar dalam membangun mental spiritual umat Islam, khususnya di wilayah Jakarta. Pada tahun ini, Saiful melanjutkan, pihaknya telah memberikan bantuan kepada sejumlah pesantren. Berdasarkan data Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Agama Islam, terdapat 20 pesantren yang memeroleh alokasi dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Menurut Saiful Mujab, tidak semua pesantren di Jakarta menerima bantuan tersebut. Sebab, keadaan Ibu Kota tak seperti daerah-daerah lainnya. Disebutkannya, pada umumnya pesantren-pesantren di daerah diisi oleh santri yang menginap. Adapun di Jakarta, tak semuanya menginap di pesantren. Mereka inilah yang diistilahkan sebagai santri kalong.

Selain itu, beberapa pesantren di Jakarta sudah menerima bantuan dari pihak lain. Bagaimanapun, menurut penilaian Saiful, pada prinsipnya pemerintah sudah berupaya memberikan perhatian terhadap perkembangan pesantren.

Terus, kita mendorong anggaran yang tekait membantu pendidikan santri. Jadi, bantuan-bantuan ini selama ini terus bergulir tiap tahunnya walaupun tidak merata, tapi terus berkelanjutan," tutup dia. [nry]


Komentar Pembaca