Turki Deportasi 21 Tahanan ISIS, Mayoritas ke Eropa dan AS

Internasional  SENIN, 02 DESEMBER 2019 | 16:05 WIB | Sunarya Sultan

Turki Deportasi 21 Tahanan ISIS, Mayoritas ke Eropa dan AS

Foto/net

Moeslimchoice | Turki serius untuk memulangkan tahanan ISIS yang ditangkapnya selama operasi militer di Suriah bagian utara. Buktinya, dalam tiga pekan terakhir, pemerintah Turki telah mendeportasi 21 miilitan ISIS ke negara masing-masing.

Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan, jumlah tahanan ISIS atau yang Turki sebut sebagai Daesh, yang ditahan di pusat-pusat deportasi Turki telah menurun menjadi 938 orang.

Dari informasi tersebut juga diketahui 13 di antara para pejuang ISIS yang dikirim pulang adalah warga negara Jerman, Belgia, Belanda, Denmark, Inggris, Amerika Serikat, dan Irlandia. Demikian dikutip dari MEMO, Senin (2/12/2019).

Pada Senin (11/11/2019), Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Turki, Ismail Gatakli mengumumkan pihaknya akan menportasi para teroris asing ke negaranya untuk tahap awal, meski negara yang dituju telah mencabut kewarganegaraan para teroris tersebut.

"(Turki) bukan hotel untuk pejuang-pejuang Daesh (ISIS), warga negara dari negara lain," ujar Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. [nry]


Komentar Pembaca