Gubernur Maluku Utara Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah "Seleksi Tilawatil Quran" 2021

Nasional  JUMAT, 22 NOVEMBER 2019 | 20:00 WIB

Gubernur Maluku Utara Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah

foto/net

Moeslimchoice. Provinsi Maluku Utara mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah 'Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional 2021'. Kesiapan ini disampaikan Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba, saat bertemu Menteri Agama, Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. 

"Kami berharap STQ Tingkat Nasional 2021 dapat dilaksanakan di Maluku Utara. Ini akan menjadi kegembiraan masyarakat, karena belum pernah sebelumnya STQ dilaksanakan di sini," ujar Gubernur Maluku Utara, Jumat (22/11). 

Menag Fachrul Razi menyambut baik pengajuan ini. Ia menyatakan, pihaknya sangat terbuka bila ada daerah yang mengajukan diri sebagai tuan rumah kegiatan Nasional keagamaan seperti STQ atau pun MTQ. 

"Nanti kita akan timbang-timbang, daerah mana yang kira-kira bisa menjadi tuan rumah. Untuk itu, sebaiknya disertakan juga pengajuan secara formal. Sehingga kami punya dokumen untuk menilai, daerah mana yang siap menjadi tuan rumah," ujar Menag. 

"Kita juga akan memprioritaskan bagi daerah-daerah yang belum pernah menjadi tuan rumah," kata Menag. 

Direktur Penerangan Agama Islam, Juraidi yang turut hadir mendampingi Menag juga menyampaikan, hingga hari ini sudah ada dua provinsi yang mengajukan diri sebagai tuan rumah STQ 2021. 

"Ada dua provinsi yang sudah mengajukan diri. Yaitu, Papua dan Maluku Utara. Tapi keduanya belum menyampaikan dokumen pengajuan secara formal. Bagi provinsi yang ingin mengajukan diri, tentunya harus melengkapi secara tertulis," kata Juraidi. 

Hal ini menurut Juraidi untuk melihat sejauh mana kesiapan dan komitmen dari wilayah yang mengajukan diri. 

Juraidi menjelaskan, Kemenag memiliki dua event besar Tilawatil Quran. 

"STQ, biasanya kita laksanakan di tahun ganjil sementara MTQ dilaksanakan di tahun genap. Dalam STQ hanya ada lima cabang lomba, sedangkan MTQ ada sembilan cabang lomba," tuturnya. 

Even terdekat yang akan dilaksanakan menurut Juraidi adalah MTQ Nasional 2020 yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat. 

"Sedangkan untuk MTQ Nasional 2022, sudah ada Provinsi Kalimantan Selatan yang akan menjadi tuan rumah," jelas Juraidi. [mel]


Komentar Pembaca