Panen Lemuru di Laut Pacitan, Rp 5 Ribu Dapat 2 Kg

Daerah  JUMAT, 22 NOVEMBER 2019 | 10:53 WIB

Panen Lemuru di Laut Pacitan, Rp 5 Ribu Dapat 2 Kg

Nelayan tradisional Pacitan menjajakan ikan lemuru hasil tangkapannya

MoeslimChoice | Ikan lemuru kini tengah ramai menghiasi laut Pacitan, Jawa Timur. Secara harga, ikan jenis ini memang tergolong murah, bahkan sangat murah. Tapi, nelayan tradisional Pacitan tetap mencoba mensyukurinya.

Ikan jenis ini tergolong sangat berduri. Tulang-tulang kecil itu bertebaran nyaris di sekujur tubuhnya. Tapi, secara rasa, tetaplah enak.

Bagi para nelayan tradisional Pacitan yang merapat di Pelabuhan Ikan Tamperan, persoalan terbesar dari lemuru ini bukanlah pada durinya itu, melainkan pada harganya.

Bahkan, di kalangan nelayan tradisional itu, populer istilah murah glawah, yang artinya “sangat-sangat-sangat-murah-sekali”.

Meski begitu, tak ada istilah kapok berlayar dalam kamusnya para nelayan tradisional Pacitan itu.

Setidaknya, begitulah ungkapan Sukardi (50), salah seorang nelayan tradisional, saat berbincang-bincang dengan Kontributor MoeslimChoice, Suluh Apriyanto, di Pelabuhan Ikan Tamperan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (21/11/2019).

“Memang, secara jumlah, hasil tangkapan nelayan tradisional seperti kami ini boleh dibilang lumayan banyak. Tapi, ya itu tadi, cuma kelas ikan-ikan pinggiran yang harganya juga sangat murah. Meski begitu, kami tetap bersyukur. Paling tidak, kalaupun nggak dapat uang dari pengepul, ya kami punya lauk yang banyak untuk makan,” kata Sukardi.

Kalau dihitung secara matematis, uang yang diperoleh dari hasil penjualan ikan lemuru itu seringkali tidak sebanding dengan modal yang dikeluarkan untuk berlayar.

“Tapi, kita tetap bersyukur dengan nikmat dari Yang Maha Kuasa. Karena, kondisi seperti ini sudah sering kita alami sebagai nelayan tradisional. Sewaktu harga murah seperti saat ini, ya tetap disyukuri. Kalau harga naik, ya alhamdulillah,” katanya.

Dihubungi terpisah, Budi (45), salah seorang konsumen ikan lemuru, justru merasa sangat senang dengan situasi saat ini.

Menurutnya, lemuru itu tergolong kategori ikan murah meriah. Selain cocok untuk lauk menemani nasi, lemuru juga sangat pas buat dijadikan umpan saat memancing.

“Harganya luar biasa murah. Kalau beli ke nelayan, kita sudah bisa dapat 2 kg ikan lemuru hanya dengan uang Rp 5 ribu. Ikannya pun masih sangat segar. Dimakan, oke. Buat umpan mancing juga, oke. Karena, lemuru tergolong ikan yang paling didoyani monster-monster laut,” kata Budi. [yhr]


Komentar Pembaca