Heboh Desa Hantu | Kemendagri Siapkan Surat Edaran Penataan Desa

Daerah  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 | 08:55 WIB | Warni Arwindi

Heboh Desa Hantu | Kemendagri Siapkan Surat Edaran Penataan Desa

MoeslimChoice | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang menyiapkan Surat Edaran (SE) terkait penataan desa sehubungn dengan heboh kasus desa hantu alias fiktif di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang cacat hukum. Hal itu diungkapkan Dirjen Bina Pembangunan Desa Kemendagri Nata Irawan saat konferensi pers di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin, 18/11/19.

“Telah dipersiapkan kebijakan melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri untuk melakukan penataan ulang secara menyeluruh terhadap Desa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa khususnya Pasal 116 Ayat (2) dan (3) beserta penjelasannya,” kata Nata.

Tak hanya itu, ia juga meminta kepala daerah untuk menginventarisir desa-desa yang terdapat di wilayahnya dalam rangka mempersiapkan sebelum dikeluarkannya SE tersebut.

“Kepada para Bupati maupun kepala daerah lainnya, kata Nata, Kemendagri meminta untuk segera mempersiapkan dan mendata kembali desa-desa yang ada di wilayahnya. "Dipersiapkan betul sebelum SE dikelurakan," ujar Nata.

"Rekomendasi terkait persoalan yang timbul saat ini, Mendagri, dan kami selaku Direktorat Jenderal teknis menyiapkan edaran. Khusus untuk Konawe, bahwa Perda tersebut harus dilakukan evaluasi kemudian baru kita pastikan sehingga betul-betul sah sesuai perundang-undangan,” sambungnya.

Selanjutnya, penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota serta Kecamatan juga dilakukan terutama yang diberi tugas dan fungsi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Kemudian, harus dilakukan penguatan APIP terutama yang melakukan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa,” ujarnya.


Komentar Pembaca