LPPOM MUI Beri Penghargaan Halal Award 2019 kepada Produsen Halal Terbaik

Ekonomi Syariah  SABTU, 16 NOVEMBER 2019 | 07:19 WIB | Adhes Satria

LPPOM MUI Beri Penghargaan Halal Award 2019 kepada Produsen Halal Terbaik

Moeslimchoice | Gelaran ISEF merupakan salah satu usaha BI yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka mengimplementasikan pilar ketiga dari blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah BI, yakni penguatan riset, asesmen, dan edukasi.

Salah satu event dari kegiatan ISEF adalah pemberian anugrah Halal Award 2019 kepada sejumlah produsen halal dengan berbagai kategori. Halal Award 2019 merupakan ajang penghargaan dari LPPOM MUI yang digelar setiap tahun, diberikan kepada para pemangku kepentingan di bidang halal yang dinilai berjasa dalam edukasi, informasi, advokasi dan fasilitasi sertifikasi halal di Indonesia.

Halal Award 2019 merupakan ajang penghargaan yang ke-8, di mana Halal Award pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 bertempat di Gedung Smesco, Jakarta. Penyerahan Halal Award 2019 dilakukan pada 15 November 2019 di ruang Asembly, Jakarta Convention Center, Jakarta.

Penyerahan anugerah Halal Award disampaikan oleh Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si (Direktur LPPOM MUI); Suhaedi (Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia); Anwar Bashori (Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia); Prof. Dr. H. Hasanuddin AF., M.A. (Ketua Komisi Fatwa MUI); dan Drs. H. Basri Bermanda, MBA (Ketua MUI Bidang Hukum dan Perundangan).

Pada Halal Award 2019, Tim Penilai melakukan penilaian terhadap lima (5) kategori, yaitu: Halal Top Brand; Premium Halal Top Brand; The Most Halal Top Brand Achievement; Iklan Halal Terbaik; UMKM Halal Terbaik.

Berikut kategori Halal Top Brand, penilaian didasarkan pada seberapa banyak merek milik produsen halal disebut oleh responden yang diwawancarai oleh tim survei LPPOM MUI. Khusus untuk Halal Top Brand, ada dua pendekatan survey yang dilakukan.

Pertama, survei jajak pendapat dengan melibatkan sebanyak 22.260 responden melalui website www.halalmui.org, yang berlangsung pada 27 September – 27 Oktober 2019.

Kedua, survei langsung dengan membagikan kuesioner ke masyarakat terhadap 1.200 responden di Jabodetabek, terutama kepada para pelaku usaha, pedagang pasar, dan ibu rumah tangga.

Data survei kemudian dipadukan dengan tolok ukur lain yang meliputi: Intensitas sosialisasi halal melalui berbagai media; Keikutsertaan dalam program informasi dan sosialisasi halal bersama LPPOM MUI

Adapun untuk Kategori Premium Halal Top Brand, dipilih berdasarkan merek produk halal yang pada tahun 2019 ini meraih Halal Top Brand sebanyak lima (5) kali. Selanjutnya untuk kategori The Most Halal Top Brand Achievement, merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang merek produk halalnya pada tahun 2019 paling banyak meraih Halal Top Brand.

Kemudian kategori Iklan Halal Terbaik, penilaian dilakukan oleh Tim Penilai dengan mencermati sebanyak 10 iklan produk halal yang ditayangkan di televisi dan media iklan lainnya selama 24 Agustus hingga 24 Oktober 2019. Dari sebanyak 10 iklan produk halal, Tim Halal Award 2019 menilai dari sisi estetika iklan, ketegasan dalam mengusung muatan halal, serta intensitas penayangannya di televisi maupun media cetak.

Kategori UMKM Halal Terbaik merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan skala kecil menengah dengan kriteria antara lain: produknya menjadi icon daerah, sudah dikenal minimal di tingkat provinsi, menggunakan strategi promosi dan pemasaran dengan mengusung logo halal, (serta sudah merambah ke pasar ekspor sebagai poin tambahan). 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, pada hari Jum’at, 15 November 2019, Tim Penilai Halal Award 2019 menimbang, bahwa untuk memperkuat positioning Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia, maka perlu digencarkan sosialisasi halal oleh seluruh pemangku kepentingan di bidang halal.

Untuk meningkatkan peran serta aktif dari kalangan dunia usaha dalam melakukan sosialisasi, promosi, informasi dan edukasi halal, maka diberikan penghargaan yang disebut dengan Halal Award 2019. Seperti diketahui, tugas dan peran MUI dan LPPOM MUI adalah menciptakan ketenteraman masyarakat di bidang halal.

Kategori Premium Halal Top Brand hingga tahun 2019 meraih Halal Award sebanyak 5 kali diantaranya: Wardah (kategori Kosmetika); KFC (kategori Restoran); Indomie (kategori Mi Instant); Bimoli (kategori Minyak Goreng); Nutrisari (kategori Minuman Serbuk); Walls (kategori Es Krim); Coca Cola (kategori Minuman Ringan).

Sedangkan Kategori The Most Halal Top Brand Achievement diraih oleh PT Unilever Indonesia Tbk. Tahun 2019 ini produk PT Unilever paling banyak menerima Halal Award (Es Krim Wall’s, Kecap Bango, Pasta Gigi Pepsodent, dan Deterjen Rinso). Untuk Kategori Iklan Halal Terbaik 2019 diraih oleh Sampo Wardah  (PT Paragon Technology and Innovation); Cairan Kumur Enzim Mouthwash (PT Enzym Bioteknologi Internusa); Suplemen Sendi Osteokom (PT LAPI Laboratories). Selanjutnya Kategori UMKM Halal Terbaik diraih oleh CV Mubarokfood Cipta Delicia (Kudus Jawa Tengah). (des)

 


Komentar Pembaca