Ancol Bakal Bangun Taman Burung Terbesar di Indonesia

Wisata  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 | 23:30 WIB | Ilham Akbar

Ancol Bakal Bangun Taman Burung Terbesar di Indonesia

MoeslimChoice | Ancol Taman Impian terus berinovasi untuk memanjakan para pengunjungnya. Dalam waktu dekat, tempat wisata yang terletak di wilayah utara Jakarta itu segera membangun taman burung yang disebut Water Bird Park, dengan dome terbesar di Indonesia. 

Nantinya, taman burung ini akan memiliki dome seluas 2.900 meter persegi dengan tinggi 15 meter. Kapasitas taman burung dapat menampung hingga 500 ekor burung dari berbagai jenis dengan total luas kawasan 3.800 meter persegi. Taman Burung ini selain sebagai tujuan rekreasi, juga merupakan pengembangan terhadap bentuk usaha yang berkelanjutan sesuai dengan salah satu fungsi Ancol sebagai lembaga konservasi. 

Dalam inovasi yang dilakukan, Ancol selalu memperhatikan beberapa faktor karena Kawasan Ancol juga memiliki peran sebagai Ruang Terbuka Hijau khususnya bagi Jakarta.

Keanekaragaman atau biodiversitas inilah yang kemudian menjadi landasan Ancol untuk dapat menjalankan program konservasi burung melalui Water Bird Park. Program ini menginisiasi pengembangbiakan spesies burung tertentu agar secara bertahap dapat mengurangi pengambilan biota tersebut dari alam.

“Ancol bukan hanya sebagai tempat rekreasi tetapi merupakan sebagi sarana edukasi yang lengkap bagi masyarakat, itulah konsep edutainment yang senantiasa kami terapkan di Ancol” ucap Bertho Darmo selaku Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/11/2019).

Dalam upaya memberikan informasi mengenai biodiversitas khususnya mengenai burung, maka Ancol mengadakan sebuah talkshow berjudul Ancoltalk : Upaya Pelestarian Burung di Pesisir Jakarta pada Kamis, 14 November 2019 di Ocean Dream Samudra Taman Impian Jaya Ancol. 

Acara ini dihadiri oleh narasumber yaitu Adi Kristanto sebagai Senior Biodiversity Officer- Flora dan Fauna Indonesia Internasional Program, Dewi Malia Prawiradilaga sebagai Peneliti Ahli Utama – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indosesia (LIPI) serta Rika Sudranto selaku VP Sea World dan Ocean Dream Samudra dengan moderator Lucky Hakim yang merupakan seorang artis sekaligus pecinta binatang.


Komentar Pembaca