Anggota DPRD Ini Nilai, Trotoar yang Dibangun Anies Masih Kurang Efektif

Polhukam  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 | 16:52 WIB | Ida Iryani

Anggota DPRD Ini Nilai, Trotoar yang Dibangun Anies Masih Kurang Efektif

Kegiatan pembangunan trotoar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat/ida

Moeslimchoice |   Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan trotoar di beberapa kawasan ibukota. Namun sejauh ini, pembangunan infrastruktur tersebut dinilai masih kurang efektif.

Penilain tersebut disampaikan Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Syahroni usia melakukan kunjungan kerja ke beberapa lokasi pembangunan trotoar yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

"Pembangunan trotoar yang dilakukan Pemprov saat ini kurang efektif. Soalnya rata-rata trotoar yang dibangun berada di lokasi yang sepi orang berjalan kaki," Katanya usai melakkan kunjungan kerja di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/19).

Seharusnya, lanjut dia, bikin trotoar yang bagus dan lebar itu dilakukan di pinggir-pinggir kampung di mana banyak warga berjalan kaki. Masyarakat tak perlu lagi naik kenderaan bermotor jika hanya akan pergi ke lokasi yang jaraknya hanya sekitar 100 meter-an.

"Jadi kami mengusulkan pembangunan trotoar tersebut jangan hanya di Jakarta Pusat dan sentra pemerintahan saja tapi  juga di daerah-daerah pinggiran yang memang sangat efektif untuk pejalan kaki," kata Syahroni.

Selain itu, ia juga menyarankan agar ada sebagian trotoar yang menyediakan area untuk parkir. Terutama dilokasi-lokasi trotoar yang nantinya akan menampung pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan.   

"Di daerah-daerah tertentu yang memiliki area yang luas dan memungkinkan untuk PKL  berjualan, maka di situ mesti ada bagian trotoar yang bisa digunakan untuk parkir kendaraan bermotor, terutama roda dua," katanya.

"Jangan sampai nanti masyarakat yang ingin mampir ke PKL tersebut memarkirkan kendaraannya secara serampangan. Hal itu tentu akan menimbulkan kesemerawutan baru dan mengganggu pengguna jalan lainnya," tambahnya. [zul]


Komentar Pembaca