Bertemu Para Tokoh Sumsel, Beginilah Perasaan Herman Deru

Tentang Sumsel  RABU, 13 NOVEMBER 2019 | 14:46 WIB | Rahmad Romli

Bertemu Para Tokoh Sumsel, Beginilah Perasaan Herman Deru

MOESLIMCHOICE. Gubernur Sumsel H. Herman Deru  mengaku sangat terharu dan nyaris menetaskan air mata karena bisa berhadapan langsung dengan para Jenderal, pemimpin dan para tokoh menginspirasi di Sumsel. Terlebih dirinya telah mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua Umum Kepengurus Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Selatan.

MC Award 2

"Saya tidak bisa menyembunyikan rasa haru.  Yang duduk di kiri, kanan saya adalah panutan dan orang yang menginspirasi saya. Pak Ramli bagi saya, beliau tetap menjadi Gubernur. Saya hannya penerusnya saja tanpa beliau Sumsel tidak bisa seperti ini," ujar Herman Deru.

Herman Deru mengharapkan pada para pejuang dan rokoh Sumsel yang hadir dalam acara tersebut dapat memberikan bimbingan dan masukan dalam menjalankan tugas membangun Sumsel.

"Kami meminta saran dan bimbingannya. Tidak ada Jakabaring tanpa pak Ramli. Kita akan lanjutkan cita-cita besar beliau, termasuk pak Try Sutrisno yang juga pernah jadi Pangdam di Sumsel," tambah Herman Deru.

Terkait dengan tantangan yang dihadapi Herman Deru menyebut jika pada masa para pendahulu bangsa ini berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Maka pada masa saat ini tantangan lebih kompleks ditengah gencarnya arus teknologi dan informasi.

“Kita butuh masukan agar di tengah derasnya arus informasi saat ini. kita tetap bisa pertahan dalam mewujudkan Sumatera Selatan sesuai dengan harapan kita bersama.  Akan lebih kuat kami, akan lebih mampu kami jika kami diberikan bimbingan. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, bimbing  dan doakan kami,” harap Deru.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Harian Nasional Badan Pembudayaan Kejuangan 45, Letjen TNI (Purn) Dr. H. Ramli Hasan Basri dalam arahanhya menyebut  keberadaan Badan Pembudayaan Kejuangan 45 memiliki  Misi dan Visi Pembudayaan Semangat dan nilai-nilai kejuangan 45 sebagai nilai-nilai  Kejuangan Bangsa Indonesia.

“Sebagaimana Palembang  memiliki semangat  juang yang tinggi  dikenal dengan  pertempuran lima hari lima malam,” ujarnya.

Sementara Ramli Hasan Basri yang juga merupakan mantan Gubernur Sumsel prionde 1988–1998 ini juga mengomentari  sosok Gubernur H. Herman Deru yang menurut dia, merupakan sosok yang luar biasa  yang menunjukan komitmennya memajukan Sumsel.

Cita-cita memajukan Sumsel tersebut lanjut dia menjadi pekerjaan besar yang hanya mampu direalisasikan oleh orang besar juga. Namun dia yakin Herman Deru akan mampu menyelesikan tugas sesuai dengan harapan masyarakat  dengan konsentrasi pembangunan mulai dari pedesaan.

“Gubernur kita ini luar bisa. Saya yakin dia mampu menyelesikan tugas besar, karena hannya orang besar yang bisa mengerjakan pekerjaan yang besar pula,” tandasnya.

Dilain pihak Ketua Dewan Kehormatan Nasiojal DHN 45 Jenderal (Purn) HM Try Sutrisno dalam  kata-kata temu kangennya dengan tokoh Sumsel memuji  sosok Herman Deru sebagai gubernur  menunjukan sikap tawaduk  (rendah hati) dan mampu memahami nilai-nilai juang para pendiri bangsa ini.

"Beliau menunjukan sikapnya sebagai seorang pejuang bukan sebagai berokrat. Beliau sungguh tawaduk. Cermin dari pak gubernur tadi. Sebagai putra Palembang  mampu meneladani pejuang-pejuang  kita," ujar Tri Sutriano.

Mantan Wakil Presiden RI era orde baru ini juga mengingatkan, Herman Deru dalam  memimpin harus diemban dengan penuh tanggungjwab. Bekerja dengan ikhlas karena semua perbuatan yang dilakukan akan pertanggungjawabkan di hadapam Allah Sang Maha Pencipta.

“Pak gubernur teruslah bekerja.  Orientasi gubernur kita ini turun ke desa. Saya akan dorong, kalau rakyat ingin sejahtera koperasi di desa-desa juga harus di dorong. Kobarkan semangat Sriwijaya. Lanjutkan rurun ke desa-desa,” tandasnya.

Nampak hadir dalam pelantikan DHD Sumsel kali ini Wakil Ketua Wanhornas 45, Jendral TNI (Purn) H Widjojo Soejono, Ketua Wanpurnas 45, Jendral Purn. H. Agustadi Sasongko. Sekjen DHN45, Brigjen TNI (Purn) Dr H Ma’sum Amin MPd. [rhd]


Komentar Pembaca