Mendagri Tito: Rakornas Sentul Siap dengan 3.000 Peserta

Nasional  RABU, 13 NOVEMBER 2019 | 07:48 WIB | Warni Arwindi

Mendagri Tito: Rakornas Sentul Siap dengan 3.000 Peserta

MoeslimChoice | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengecek langsung persiapan Rakornas Pemerintah Pusat dengan Forkopimda 2019 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Selasa, 12/11/19 malam. Tito tampak mengunjungi beberapa venue SICC bersama sejumah pejabat termasuk tuan rumah Bupati Bogor Ade Yasin.

Sebelum meninjau SICC, tempat digelarnya rakornas, Tito sempat menggelar rapat terlebih dulu di Hotel Haris Sentul. Dalam kesempatan itu ia mengatakan, Rakornas bertajuk Sinergitas untuk Indonesia Maju akan diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia. Mulai dari wali kota, bupati hingga gubernur.

Tak hanya itu, Kapolda, Kapolres, Kajati maupun Kajari, Pangdam, Danrem, Dandim serta Ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD kabupaten/kota akan ikut dalam rakornas. “Besok itu adalah Rakornas Indonesia Maju antara pemerintah pusat dan daerah. Kurang lebih sekitar 3000 yang hadir,” kata Tito.

Menurut dia, inti dari Rakornas adalah menyinkronkan arahan dari Presiden Jokow Widodo atau Jokowi, para menteri, KPK, BPK dan penegakan hukum seperti TNI Polri. “Tujuan utamanya menyinergikan, menyinkronkan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan dari pusat kemudian disesuaikan dengan daerah,” terangnya.

Ada delapan panel yang akan digelar selama seharian penuh pada Rabu (13/11). Masing-masing panel membahas isu berbeda dengan pemateri dari pusat. Pembahasannya meliputi kebijakan strategis 2020-2024, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi, transformasi ekonomi I, transformssi ekonomi II, pengawasan serta penegakkan hukum dan keamanan.

Sedangkan Bupati Bogor Ade Yasin menyambut baik digelarnya Rakornas di Bogor. Dirinya memastikan siap membantu berjalannya Rakornas. “Alhamdulillah Bogor jadi tempat Rakornas, kita semua menyambut baik karena ini penting untuk arah Indonesia ke depan. Saya juga akan ikut semua panel,” tandas Ade Yasin.


Komentar Pembaca