Wow! Utang BPJS Kesehatan ke Rumah Sakit Capai Rp17 Triliun

Nasional  RABU, 13 NOVEMBER 2019 | 09:45 WIB | Warni Arwindi

Wow! Utang BPJS Kesehatan ke Rumah Sakit Capai Rp17 Triliun

MoeslimChoice | Berapa jumlah sebenarnya utang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke rumah sakit yang melayani penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ketua PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) Kuntjoro mengungkapkan angkanya sudah mencapai Rp17 triliun.

Namun, BPJS Kesehatan belum mengkonfirmasinya. Mungkin perlu juga audt langsung. Tapi menurut Kuntjoro angka tersebut bukanlah jumlah yang sedikit.

"Piutang (tagihan rumah sakit ke BPJS) yang saya tahu hingga 30 September 2019 itu Rp 17 triliun. Semua, se-Indonesia," katanya di gedung DPR Selasa, 12/11/19.

Jadi, lanjut Kuntjoro, PERSI menekankan agar BPJS bisa segera menyelesaikan kewajibannya tersebut. Jika tidak, operasional RS yang berpotensi terganggu.

Angka ini melonjak drastis dari catatan PERSI per Juli 2019. Kala itu Kuntjoro menyebut utang BPJS ke rumah sakit tercatat masih Rp6,5 triliun.

"Terpenting sekarang bayar dulu. Saya kan rumah sakit nih. Yang penting dibayar dulu aja. Supaya pasien yang non BPJS-nya itu meningkat," lanjut Kuntjoro.

Sudah menjadi rahasia umum jika jumlah pasien dengan menggunakan BPJS menjadi mayoritas di banyak RS. Pun di RS besar, jumlah pasien non BPJS masih kalah dengan pasien BPJS. "RS besar seperti Gatot Subroto bisa 30-40% yang pasien non BPJS," lanjutnya.

Karena itu, masih kata Kuntjoro, RS sebaiknya jeli dalam menentukan daftar penyakit mana saja yang bisa maupun tidak bisa digunakan dengan BPJS. "Makanya RS inovasi. Apa aja penyakit yang tidak dibiayai non BPJS. Kan ada penyakit yang tidak dibiayai BPJS. How to treat services itu ditentukan leadernya," kata Kuntjoro.

Sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan utang BPJS kepada RS yang berada di bawah Muhammadiyah. Angkanya mencapai Rp 300 miliar.

"Pimpinan pusat Muhammadiyah bilang ke saya tolong diingatkan Kementerian Kesehatan BPJS mereka punya utang 300 miliar kepada Rumah Sakit Muhammadiyah di Indonesia tolong ini diperintahkan agar jangan sampai operasional rumah sakit yang membantu masyarakat terkendala," ungkap Daulay.


Komentar Pembaca
Milenial Harus Berani Keluar Tempurung
Menteri Edhy Prabowo Bangga Jadi Alumni Moestopo

Menteri Edhy Prabowo Bangga Jadi Alumni Moestopo

PendidikanMinggu, 15 Desember 2019 | 02:40

Saat Honorer K2 DKI Diperintahkan Masuk Got

Saat Honorer K2 DKI Diperintahkan Masuk Got

DaerahMinggu, 15 Desember 2019 | 01:35

Menkop UKM: Impor Cangkul Distop 2020

Menkop UKM: Impor Cangkul Distop 2020

EkonomiMinggu, 15 Desember 2019 | 00:25

Menko Polhukam: Dualisme PPP Sudah Selesai!

Menko Polhukam: Dualisme PPP Sudah Selesai!

PolhukamSabtu, 14 Desember 2019 | 23:20