Ingin Berbusana Syar’i? Ini Cara Memilih Kaus Kaki yang Tepat

Islamtainment  SELASA, 12 NOVEMBER 2019 | 02:35 WIB

Ingin Berbusana Syar’i? Ini Cara Memilih Kaus Kaki yang Tepat

MoeslimChoice | Di Indonesia saat ini bicara tentang busana Muslimah sangatlah beragam. Ada yang menyatakan cukup dengan menutup kepala saja, ada lagi yang sampai hanya menyisakan wajah dan telapak kaki. Bahkan ada yang menjulurkan hingga tinggal mata yang terlihat. 

MC Award 2

Apapun pilihannya, demi mendapatkan pahala dari amal sholeh yang terus membaik dari hari ke hari, perlu kita ketahui apa saja dasar penggunaan kaus kaki bagi wanita. 

Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah pun berpaling darinya dan bersabda, “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud)

Ada lagi hadist melalui Ummu Salamah dengan redaksional seperti berikut. 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bersabda mengenai masalah menjulurkan ujung pakaian, aku berkata kepada beliau, ‘wahai Rasulullah bagaimana dengan kami (kaum wanita)?’. Nabi menjawab: ‘julurkanlah sejengkal‘. Lalu Ummu Salamah bertanya lagi: ‘kalau begitu kedua qadam (bagian bawah kaki) akan terlihat?’. Nabi bersabda: ‘kalau begitu julurkanlah sehasta‘. (HR. Ahmad)

Nah, lalu bagaimana cara memilih kaus kaki yang baik, simak beberapa tips berikut: 

1. Pilih kaus kaki yang halal. 
Ada produk yang cukup ternama di pasaran yang sudah disertifikasi kehalalannya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui LPPOM. Lho kenapa kaus kaki saja perlu sertifikat halal? Karena dalam prosesnya, ada produsen kaus kaki yang membiarkan proses pembersihan serat dengan sikat yang terbuat dari bulu babi. 

2. Pilih kaus kaki yang sesuai dengan kegiatan yang hendak Anda lakukan. 
Semua itu diperlukan agar kaki Anda tetap sehat dan Anda tetap nyaman berkegiatan. Menggunakan kaus kaki dengan jenis yang sama misalnya untuk kegiatan sehai-hari digunakan untuk naik gunung bisa membuat kaki Anda lecet dan nyeri. 

3. Pilih bahan kaus kaki yang tepat. 
Untuk udara Indonesia yang lembab dan panas, memilih yang terlalu tebal sangat tak tepat. 

Kaki manusia mengandung sedikitnya 250 ribu kelenjar keringat. Itulah mengapa ada saatnya kaki terasa sangat berkeringat. Namun perlu juga diwaspadai, jika kaus kaki menyerap keringat terlalu cepat, kulit kaki Anda bisa pecah-pecah dan lecet juga. 

4. Tujuan kegiatan. 
Jika Anda Muslimah yang aktif bekerja di kantor, menggunakan kaus kaki berwarna-warni dengan motif yang ramai bisa membahayakan kesan orang terhadap profesionalitas Anda. Tetaplah warna-warna dasar seperti hitam atau coklat muda. Warna-warni ceria bisa Anda gunakan di akhir pekan. 

5. Nyaman di kaki. 
Setiap merek punya ukuran yang mungkin berbeda. Nah, meskipun kaus kaki cenderung fleksibel dan bisa melar menggunakan kaus kaki yang pas sangat penting untuk kesehatan. Kaus kaki mustinya akan terasa membungkus dan ‘membekap’ kaki dengan nyaman tanpa membuat aliran darah Anda terhenti. Pertimbangkan juga jenis sepatu yang akan Anda kenakan bersama dengan kaus kaki. 

6.Bawa ganti dan simpan di tempat yang hanya Anda yang tahu saat harus melepaskan di tempat umum. 
Neno Warisman, saat awal-awal mengenakan hijab pernah mengingatkan bahwa Muslimah yang cantik adalah yang tak pernah lupa menyimpan kaus kakinya di tas yang tak diketahui orang lain saat misalnya harus membuka untuk berwudhu. Melihat kaus kaki bertebaran di area sholat Muslimah di masjid dan mushola memang sangat mengganggu. Jangan lupa pula demi menjaga kebersihan saat sholat, ganti kaus kaki bersih. 

7. Cuci kaus kaki dengan cara terbaik. 
Keringat yang menyerap ditambah bakteri buruk bisa membuat kaus kaki beraroma tak sedap. Usir kondisi ini dengan cara mencuci kaus kaki dengan deterjen secara rutin. Jemur di tempat yang cukup panasnya. Dan simpan di lemari yang aman. (Berbagai sumber) (TM)


Komentar Pembaca