Darurat Adzan Landa Muslim Amsterdam

Internasional  SENIN, 11 NOVEMBER 2019 | 09:22 WIB

Darurat Adzan Landa Muslim Amsterdam

Ilustrasi: Masjid di Amsterdam, Belanda

MoeslimChoice | Umat Islam di Amsterdam, Belanda, sedang berjuang agar panggilan salat berupa adzan bisa konsisten dikumandangkan dari masjid-masjid di kota itu. Dalam prosesnya, ternyata upaya mereka tidak mudah.

Bahkan, baru-baru ini, perjuangan mereka tersebut menemui hambatan. Sebagaimana dilansir dari Dutchnews pada Senin (11/11/2019), para pejuang agar adzan tersebut berhasil dikumandangkan, tampak tidak menyangka sesuatu yang tak diduga akan terjadi.

Di depan para jurnalis yang tengah menunggu lantunan adzan dzuhur, terungkap fakta bahwa pengeras suara masjid tidak berfungsi. Hal itu ditengarai karena kabel telah terpotong.

Para umat muslim dan reporter sebelumnya sudah berkumpul di luar masjid untuk menunggu adzan dzuhur pada pukul 13.00 waktu setempat.

Namun, sayangnya, ketika pengeras suara dinyalakan, tidak ada satupun bunyi yang keluar dari sana.

Kegagalan rencana ini tentu menjadi suatu hal yang mengecewakan. Juru bicara masjid mengungkapkan bahwa kegagalan itu sangat menyakitkan.

Kejadian ini masih belum menemui titik terang dan penuh ketidakjelasan. Orang-orang tentu bertanya-tanya, apakah kabel itu telah dipotong sebagai tindakan sabotase atau tindakan ini merupakan hal yang tidak disengaja.

Tetapi, juru bicara beserta pengurus masjid menduga bahwa kejadian ini merupakan kesengajaan.

“Awalnya dewan masjid berharap bahwa panggilan untuk salat yang dikumandangkan dengan pengeras suara akan membantu menormalkan Islam di kota Amsterdam yang indah ini,” demikian pernyataan pengurus masjid Amsterdam di Facebook, sebagaimana dikutip dari Dutxchnews.

Sementara itu, perjuangan mengumandangkan adzan di masjid telah menuai banyak komentar di media sosial, bahkan banyak pertanyaan yang dilayangkan otoritas setempat, termasuk Wali Kota Amsterdam, Femke Halsema, yang tidak mendukung adzan itu.

Femke, beberapa waktu lalu, mengatakan, adzan dikumandangkan lewat aplikasi seluler saja.

Meski begitu, pengurus masjid berencana untuk mengadakan upaya baru agar panggilan salat melalui pengeras suara dapat terwujud di waktu yang akan datang. [yhr]


Komentar Pembaca
Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Kamis, 21 November 2019 | 20:37

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Kamis, 21 November 2019 | 15:35

Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

Kamis, 21 November 2019 | 17:00