Resolusi WZF Serukan Kembangkan Zakat Global dengan Manfaatkan Teknologi Digital

Ekonomi Syariah  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 | 20:55 WIB | Sunarya Sultan

Resolusi WZF Serukan Kembangkan Zakat Global dengan Manfaatkan Teknologi Digital

Foto/net

Moeslimchoice | Diikuti tidak kurang dari 300 peserta konferensi dari 28 negara, Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 yang digelar di Kota Bandung, Jawa Barat sepakat merumuskan sejumlah resolusi dari tema yang diangkat yakni "Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology".

Pada gelaran acara tersebut, Sekretaris Jenderal WZF 2019 Bambang Sudibyo menyebutkan, sejumlah resolusi ini menyerukan untuk mengembangkan zakat global dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital yang ada saat ini.

Lebih lanjut Bambang Sudibyo mengatakan, komitmen zakat harus memberi perhatian tidak hanya pada bagaimana zakat dikumpulkan dan didistribusikan sebagaimana mestinya, tetapi juga bagaimana zakat dikelola secara profesional, efektif, efisien dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat.

“Gerakan zakat global harus memperhatikan peran teknologi digital dalam pengelolaan zakat karena dunia Muslim sangat luas, dari Afrika hingga Asia Tenggara yang mencakup enam benua," pungkasnya. seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, WZF sebagai platform gerakan zakat internasional, memiliki peran untuk sinergi para pemangku kepentingan zakat global dalam meningkatkan kesejahteraan umat dan mengurangi kemiskinan.

“Konferensi ini juga menandai meningkatnya peran zakat untuk menyelesaikan masalah kemiskinan dan ketidaksetaraan global dan mengusulkan standar secara khusus untuk mengukur dampak zakat terhadap kesejahteraan mustahik (penerima manfaat zakat),” jelasnya.


Komentar Pembaca