Hubungan India-Pakistan Memburuk, Ikut Pengaruhi Film Salman Khan "Dabangg 3"

Bollywood  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 | 16:56 WIB

Hubungan India-Pakistan Memburuk, Ikut Pengaruhi Film Salman Khan

Ust. Rahat-Javed-Salman/net

Moeslimchoice. Salah satu lagu dari soundtrack film franchise Dabangg yaitu lagu Tere mast mast nain dan  dilanjutka dalam lagu Tere Naina Bade Dagabaaz dalam sekuelnya (Dabangg 2). Keduanya dinyanyikan dengan apik  oleh penyanyi favorit Salman Khan, yakni Ustad Rahat Fateh Ali Khan,  penyanyi asal Pakistan yang namanya sangat dihormati di Pakistan. 

Namun kini, sejak hubungan India dan Pakistan makin memburuk, secara tak langsung ikut mempengaruhi juga  di dunia entertainment, dimana akhirnya produser Dabangg, Salman Khan dan Arbaaz Khan, serta komposer Sajid-Wajid mau tidak mau harus mencari pengganti Ustad Rahat Fateh ALi Khan. 

"Ya, kami mengganti suara asli Ustad Rahat Fateh Ali Khan dengan Javed Ali," ujar Wajid (salah satu penata musik duo Sajid-Wajid). 

Javed Ali yang namanya telah populer lewat lagu-lagu yang hits seperti Kajra Re ( Bunty Aur Babli), Nagada (Jab We Met) dan Galat Baat Hai (Main Tera Hero) dianggap sangat cocok menggantikan Ustad Rahat Fateh Ali Khan. 

"Keputusan ini sudah bulat. Ketika datang ke negara itu (Pakistan), tidak ada hal lain yang penting. Kami rela mengorbankan, bahkan nyawa kami untuk melindungi negara kami (India). Bagaimana pengorbanan seorang penyanyi penting? Dan kita bahkan tidak melihatnya sebagai pengorbanan," tambah Wajid.

Wajid ingin menjelaskan bahwa langkah untuk menghapus Rahat Fateh Ali Khan ini tidak harus dilakukan secara pribadi. 

"Kami sangat menghargai dia (Ustad Rahat Fateh Ali Khan). Dia adalah penyanyi yang sangat berbakat. Banyak penggemarnya menganggap lagunya dalam Dabangg dan Dabangg 2 sebagai yang terbaik yang dinyanyikannya di India. Dan kami bangga dengan lagu-lagu itu. Lekin ab kya Karen? (Tapi apa yang bisa kami lakukan?). Kami menghargai bakat individu dari setiap bagian dunia. Bollywood menyambut bakat dari seluruh dunia. Bahkan kita sering ramah dengan mengorbankan bakat kita sendiri (orang India sendiri). Tetapi sekarang semuanya telah berubah. Kita harus menutup semua pintu dan jendela antara kedua negara. Kami tidak dapat membebaskan pertukaran budaya dari larangan Pakistan," ujar Wajid pasti. 

Wajid mengatakan, Javed Ali telah memberikan kemampuan terbaiknya untuk lagu di 'Dabangg 3'.

"Javed adalah suara yang hebat. Kami tidak membutuhkan bakat dari tempat lain (Pakistan-red). Kami memiliki beberapa talenta terhebat di sini," pungkasnya. [mel]

 


Komentar Pembaca