Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Mau Berunjuk Rasa

Polhukam  SENIN, 28 OKTOBER 2019 | 08:55 WIB | Sugiharta Yunanto

Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Mau Berunjuk Rasa

MoeslimChoice | Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, mahasiswa mau berunjuk rasa lagi. Di Jakarta, para mahasiswa berencana berunjuk rasa di depan Istana dengan tuntutan antara lain mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Perppu pencabutan revisi UU KPK.

Selain di Jakarta, demo mahasiswa juga akan dilakukan di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Makassar, Lampung, Malang, dan Yogyakarta. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), Manik Marganamahendra mengakui pihaknya akan melakukan aksi unjuk rasa pada Senin, 28/10/19 ini.

"Bukan dari UI saja, kami juga akan mengajak BEM lainnya, juga ada unsur aliansi mahasiswa lainnya," kata Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, Minggu, 27/10/19.

Manik menjelaskan, tak hanya mahasiswa, ada juga sejumlah kelompok masyarakat yang akan ikut bergabung dalam demo di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Mereka menyebut nama gerakannya adalah, Gerakan Indonesia Memanggil.  Selain mendesak Presiden Jokowi mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang KPK, aksi ini juga menuntut pemerintah bertanggung jawab atas korban tewas demonstrasi mahasiswa akhir September lalu.

"Kami juga menuntut pemerintah, negara bertanggung jawab atas jatuhnya korban aksi demo yang lalu. Dan kami meminta teman-teman kami yang masih ditahan dibebaskan," tandas Manik.


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55