53.017 Orang Menyebrang ke Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke

Wisata  RABU, 23 OKTOBER 2019 | 23:25 WIB | Ilham Akbar

53.017 Orang Menyebrang ke Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke

MoeslimChoice | Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melayani 53.017 penumpang dari dan menuju Kepulauan Seribu dalam periode Januari - September 2019. Pada lintasan utama sebanyak 52.194 penumpang dan lintasan pendukung atau feeder sebanyak 823 penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, ada 20 unit kapal Dishub yang dioperasikan untuk melayani angkutan penyeberangan dari darat ke Kepulauan Seribu dan sebaliknya.

"Kapal yang kami operasikan ialah, KM Kerapu sebanyak enam unit, KM Baru enam unit, KM Catamaran dua unit, KM Paus satu unit, KM Banawa Nusantara yang merupakan hibah dari Kemenhub dua unit, serta kapal sekolah sebanyak tiga unit," ujarnya, Rabu (23/10/19).

Syafrin menjelaskan, ada tiga lintasan utama layanan kapal yaitu, rute Muara Angke-Untung Jawa-Lancang-Tidung (PP); Muara Angke-Pulau Pari-Pulau Pramuka (PP); serta Muara Angke-Pulau Kelapa-Pulau Sebira (PP).

Ia menambahkan, untuk kapal di lintasan pendukung meliputi Pulau Tidung-Pulau Payung-Pulau Lancang-Rawa Saban-Pulau Untung Jawa-Tanjung Pasir; Pulau Pari-Pulau Payung (PP); Pulau Pari-Pulau Lancang (PP); Pulau Pramuka-Pulau Tidung (PP); serta Pulau Pramuka-Pulau Kelapa (PP). Kemudian, Pulau Pramuka-Pulau Panggang (PP); Pulau Pramuka-Pulau Pari (PP); Pulau Pramuka-Pulau Payung (PP); serta Pulau Kelapa-Pulau Sebira.

"Masing-masing lintasan satu kapal, kalau satu trip total enam kapal dalam sehari, kalau dua trip bisa tujuh sampai sembilan kapal dalam sehari," ungkapnya.


Komentar Pembaca