Erdogan: Dukungan Internasional Sangat Penting untuk Memfasilitasi Kembalinya Pengungsi Suriah

Internasional  RABU, 23 OKTOBER 2019 | 22:00 WIB

Erdogan: Dukungan Internasional Sangat Penting untuk Memfasilitasi Kembalinya Pengungsi Suriah

foto/net

Moeslimchoice. Turki berencana mendirikan zona aman di Suriah timur laut sesegera mungkin, guna memfasilitasi kembalinya sukarelawan para pengungsi dengan dukungan aktor Internasional, sementara menghormati dan menjunjung tinggi integritas teritorial negara itu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan mengatakan kepada wartawan The Russian Black Sea city of Sochi, pada Rabu (23/10). 

Presiden berpidato di hadapan para wartawan sehari setelah Turki dan Rusia mencapai kesepakatan awal untuk membangun zona aman di Suriah utara. Di bawah ruang lingkup kesepakatan, teroris YPG akan mundur 30 kilometer dalam waktu 150 jam, diikuti oleh patroli gabungan Turki-Rusia di daerah 10 kilometer ke wilayah Suriah.

"Sekitar 1 juta orang dapat dimukimkan kembali di daerah yang akan dijadikan 'zona aman' di bawah lingkup Operation Spring Peace," kata Presiden Erdogan, menambahkan bahwa jumlahnya dapat mencapai 2 juta dengan dimasukkannya provinsi Raqqa dan Deir el Zour.

Namun, presiden mencatat bahwa ini bukan sesuatu yang dapat ditangani Turki sendiri. Setidaknya Turki membutuhkan dukungan dunia Internasional.

"Kami mengerjakan biayanya, membuat rencana yang diperlukan, dan menyiapkan proyek-proyek kami mengenai masalah ini. Kami bahkan memberikan buklet kepada sekitar 17 pemimpin yang saya ajak bicara di Majelis Umum PBB," kata Erdogan.

Presiden mencatat bahwa Turki mengharapkan masalah ini untuk dibahas pada pertemuan donor internasional di Jenewa, di mana pertemuan pertama Komite Konstitusi Suriah akan diadakan pada 29-30 Oktober.

"Kami ingin membangun tempat tinggal, fasilitas kesehatan, sekolah, dan lainnya untuk memungkinkan kembalinya warga Suriah," kata presiden mengakhiri. [mel/DailySabah]
 


Komentar Pembaca