PBNU Sebut Banyak Kyai Kecewa Jokowi Tunjuk Fachrul Razi Jadi Menag

Polhukam  RABU, 23 OKTOBER 2019 | 17:03 WIB | Sunarya Sultan

PBNU Sebut Banyak Kyai Kecewa Jokowi Tunjuk Fachrul Razi Jadi Menag

Robikin Emhas/net

Moeslimchoice | Mantan Wakil Panglima TNI era Presiden Gus Dur Jenderal (Purn) Fachrul Razi resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama di Kabinet Indonesia Maju. Dia bersama anggota kabinet lainnya dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/10/2019).

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bidang hukum dan perundang-undangan, Robikin Emhas menyatakan, dirinya mendapatkan pertanyaan terkait sosok Menteri Agama yang dipilih Jokowi. Robikin mengaku, banyak kyai daerah kecewa dan melayangkan protesnya.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kyai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," ungkap Robikin, Rabu (23/10/2019).

Lebih lanjut Robikin menjelaskan, para kyai di seluruh pelosok negeri sangat paham bahwa Kemenag memiliki tugas penting dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. Para kyai heran mengapa yang dipilih adalah Fachrul Rozi yang notabene adalah purnawirawan jenderal TNI.

"Kyai paham Kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. Namun para kyai tak habis mengerti terhadap pilihan yang ada," pungkas Robikin.


Komentar Pembaca