Berjasa Bagi Jokowi, Budi Gunawan Tetap jadi Kepala BIN

Nasional  RABU, 23 OKTOBER 2019 | 11:39 WIB

Berjasa Bagi Jokowi, Budi Gunawan Tetap jadi Kepala BIN

Kepala BIN Budi Gunawan bersama Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto

MoeslimChoice | Presiden Joko Widodo telah mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju, Rabu, 23/10/2019. Hampir 70 persen wajah baru mengisi kabinet Jokowi, sekitar 30 persen masih wajah lama seperti Retno Marsudi, Budi Karya Sumadi, Muhadjir Effendy, Sofyan Djalil, Yasonna Laoly, dan Tjahjo Kumolo.

Ada satu jabatan juga yang tidak berganti di Kabinet Jokowi periode 2019-2024. Adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang tetap dipimpin Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Ada alasan tersendiri bagi Jokowi untuk mempertahankan BG sebagai Kepala BIN. BG dipercaya luar biasa oleh Presiden Jokowi. Dalam situasi politik dan keamanan yang sulit, BG tampil untuk mengatasi permasalahan.

Ketika terjadi kebuntuan politik pasca Pilpres, BG menjembatani pertemuan Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto di Stasiun MRT pada 12 Juli 2019. BG juga menjembatani pertemuan Megawati dan Prabowo Subianto di Teuku Umar Jakarta Pusat, 24 Juli 2019 lalu.

BG juga berpengaruh dalam melancarkan proses masuknya Prabowo Subianto dalam gerbong koalisi pemerintah, yang berbuah manis dengan diberikannya posisi jabatan sebagai Menteri Pertahanan kepada Prabowo.

BIN di bawah kepemimpinan BG selalu bekerja dalam senyap. Tapi hasil kerja BG sebagai Kepala BIN, tampakny terus dan memang selalu memuaskan Presiden sebagai user.

Dipertahankannya BG sebagai Kepala BIN dalam periode kedua Kabinet Kerja Jokowi, bukanlah sesuatu yang mengejutkan. BG memang sangat pantas dipertahankan.

Tampaknya, BG akan menyamai rekor terlama menjabat sebagai Kepala BIN yang pernah dipegang oleh Syamsir Siregar yang menjabat selama 5 tahun.

BIN, semoga tetap bekerja keras dan berkarya yang terbaik demi kepentingan bangsa dan negara. Juga tetal menjadi mata dan telinga bagi Presiden untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan


Komentar Pembaca