Kabinet Jokowi | Berbaju Putih, Tetty Paruntu Penuhi Undangan Istana

Polhukam  SENIN, 21 OKTOBER 2019 | 10:26 WIB

<b>Kabinet Jokowi</b> | Berbaju Putih, Tetty Paruntu Penuhi Undangan Istana

Christiany Eugenia Tetty Paruntu, mantan Bupati Minahasa

MoeslimChoice | Christiany Eugenia Tetty Paruntu, mantan Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, diundang ke Istana Negara, Senin (21/10/2019).

Wanita yang juga kader Partai Golkar ini tiba di Istana sekitar pukul 10.15 WIB.

Diketahui, pagi ini Presiden Joko Widodo berjanji akan memperkenalkan calon menterinya pada Kabinet Kerja Jilid II.

Christiany Eugenia Paruntu adalah anak dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Tarutu, dan seorang politikus terkenal, Jenny Y. Tumbuan.

Tetty, sapaan akrab wanita ini, lahir pada tanggal 25 September 1967 di ibu kota Sulawesi Utara, Manado.

Berasal dari keluarga dengan latar belakang pendidikan tinggi, Tetty Paruntu menempuh pendidikan formal, mulai dasaar hingga tinggi, pada banyak sekolah dan institusi yang terkenal bermutu baik.

Pendidikan tingkat dasar ditempuh Tetty pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Budi Mulia, Bogor, Jawa Barat.

Pada sekitar 1981, keluarga Paruntu pindah ke Inggris karena ayahnya, Jopie Taruntu, menempuh program Ph.D di sebuah universitas di kota Nottingham.

Kesempatan emas ini dipergunakan Tetty untuk mengenyam pendidikan menengah pada Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington – Notingham, Inggris.

Pasca menyelesaikan studi di sekolah tersebut, wanita yang nantinya dikenal memimpin banyak perusahaan tersebut melanjutkan pendidikan formal di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis.

Di samping itu, Tetty Paruntu juga tercatat pernah menempuh pendidikan formal pada West London College dan mengambil jurusan Sistem Informasi Managemen.

Pada 1990, Tetty Paruntu, bersama keluarganya, kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikan formal di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia MAYAGITA – LPI.

Dengan latar belakang pendidikan yang ditempuhnya, wanita peraih penghargaan Best Dressed Woman Indonesia (1992) ini memutuskan untuk berkecimpung dalam 3 bidang karir sekaligus: pengusaha, politisi dan pekerja sosial.

Kiprahnya sebagai pengusaha telah terbukti dengan keberhasilannya memimpin beberapa perusahaan seperti PT Puspita Adhiniaga Indonesia, PT Chandra Ekakarya Pratama, PT Trutama Star dan beberapa perusahaan lainnya.

Pada saat yang hampir bersamaan, karir politik wanita penerima penghargaan Lions Club International (2007) ini dimulai dengan bergabung dengan salah satu partai besar di Indonesia, Golongan Karya.

Sejak berkiprah dalam partai, Tetty Paruntu pernah menjabat sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar dan masih aktif bertindak selaku Wakil Bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara.

Dalam bidang sosial kemasyarakatan, kiprah Tetty Paruntu juga dikenal luas masyarakat. Istri dari Sonny Frans Tandayu tercatat aktif dalam beberapa organisasi masyarakat antara lain Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, KNPI Jakarta Selatan dan masih banyak lagi.

Penghargaan Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post (2009) adalah bukti kepedulian dan pengabdian Tetty Paruntung kepada masyarakat di sekitarnya. [yhr]


Komentar Pembaca
Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Kamis, 21 November 2019 | 20:37

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Kamis, 21 November 2019 | 15:35

Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

Kamis, 21 November 2019 | 17:00