Kabinet Jokowi | Layakkah Nazar Jadi Menteri?

Daerah  SENIN, 21 OKTOBER 2019 | 09:28 WIB

<b>Kabinet Jokowi</b> | Layakkah Nazar Jadi Menteri?

Mantan Wagub Aceh, Muhammad Nazar

MoeslimChoice | Presiden Jokowi rencananya akan mengumumkan nama-nama menteri atau susunan kabinetnya pada hari ini, Senin (21/10/2019).

Anggota DPD RI dari Aceh, H Sudirman, menyatakan, sosok Muhammad Nazar adalah salah satu figur yang tepat untuk membantu Jokowi di Kabinet Kerja Jilid II.

Muhammad Nazar merupakan Wakil Gubernur Aceh 2007-2012, juga salah satu tokoh sentral proses perdamaian di Bumi Serambi Mekah.

“Beliau merupakah tokoh yang pernah memimpin Aceh dan menyelesaikan konflik Aceh,” ujar Sudirman dalam keterangannya, Minggu (20/10/2019).

Menurut Sudirman, Muhammad Nazar layak menduduki kursi menteri karena merupakan tokoh yang memberi banyak kontribusi untuk masyarakat Aceh, menjembatani kepentingan masyarakat Aceh, memperjuangkan hak-hak Aceh, terutama saat perundingan perdamaian, dengan cara-cara damai, tidak dengan pendekatan militer.

Sudirman mengatakan, pengalaman dalam menangani konflik sosial dan memiliki banyak jaringan internasional menjadi penilaian kompetensi tersendiri bagi Muhammad Nazar di hadapan Jokowi.

Sementara itu, Yusni Sabi, akademisi dan mantan Rektor IAIN Ar Raniry Aceh, menambahkan, putera Aceh seperti Muhammad Mazar memiliki kompetensi pengalaman mumpuni sehingga layak menjadi menteri.

Menurut Yusni, pengisian kursi menteri harus sesuai dengan kompetensi dan pengalaman, bukan sekadar formalitas apalagi hanya berdasar penjatahan.

"Aceh memiliki stok melimpah yang dapat dipilih presiden, termasuk Muhammad Nazar karena memiliki kompetensi dan pengalaman, rekam jejak baik, sehingga bisa berkontribusi bagi Indonesia," tandas Yusni yang juga tokoh Perdamaian Aceh itu. [yhr]


Komentar Pembaca