Pernah Terjerat Kasus Ujaran Kebencian

NasDem Pede Victor Laiskodat Diangkat Jadi Menteri LHK

Polhukam  MINGGU, 20 OKTOBER 2019 | 18:05 WIB

NasDem Pede Victor Laiskodat Diangkat Jadi Menteri LHK

MoeslimChoice | Meskipun belum ada pengumuman soal siapa saja yang akan ditunjuk menjadi menteri oleh Presiden Jokowi Widodo (Jokowi), namun sejumlah Partai pendukung pasangan 01 yakin kader mereka akan mendapat jatah jabatan. 

Partai NasDem misalnya. Partai besutan Surya Paloh itu yakin, kader mereka Victor Laiskodat akan mengisi kursi kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk posisi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

"Insyaallah, beliau (Viktor Laiskodat) salah satu calon menteri kami," kata Ketua DPP Nasdem, Irma Suryani Chaniago, kepada wartawan, Minggu (20/10/2019).

Kabar Victor menjadi menteri Jokowi sebelumnya juga diungkapkan Johnny G Plate. Sekjen NasDem ini mengatakan, pada dasarnya Victor sebagai gubernur ingin tetap memajukan Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun Victor siap memenuhi panggilan negara jika dibutuhkan. Terkait kabar kuat inipun Irma tidak membantah. 

Bahkan kabarnya, Victor sendiri sudah berpamitan dengan masyarakat NTT. Diungkapkan Johnny, Victor perlu pamitan agar masyarakat tidak kaget manakala mantan anggota DPR RI itu tiba-tiba harus meninggalkan jabatannya. Keterbukaan disebutnya menjadi ciri khas di NTT.

Meski demikian, anggota DPR itu belum mau menjawab tegas soal kepastian Victor masuk kabinet Jokowi-Ma'ruf. Dia meminta semua pihak menunggu pengumuman langsung dari Jokowi.

Johnny memastikan koleganya hanya bersiap diri atas segala kemungkinan. Ia juga tidak menjawab saat ditanya apakah Jokowi sudah menghubungi langsung Victor, atau melalui sang ketum, Surya Paloh.

Victor Laiskodat pernah dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan ujaran kebencian dalam pidatonya di Kupang, NTT pada 1 Agustus 2017 lalu.

Sempat viral di media sosial, ia menuduh empat partai yakni Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN mendukung adanya khilafah karena menolak Perppu Ormas.

Namun, penyelidikan Polri sempat berjalan ditempat dengan status Viktor yang merupakan anggota DPR, apakah saat mengungkapkan pidato tersebut dalam rangka menjalankan tugas sebagai anggota dewan atau bukan.

Jika saat berujar di pidato tersebut Viktor merupakan anggota dewan, sesuai MD3, maka Viktor mendapatkan hak imunitas dan proses hukum Bareskrim tidak bisa berlanjut.

Victor Laiskodat sendiri saat ini menjabat sebagai Gubernur NTT sejak 5 September 2018. Selain itu, Victor pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Nasdem sejak 1 Oktober 2014 hingga 26 Februari 2018.


Komentar Pembaca