Gibran Bantah Maju Pilkada Jalur Independen

Daerah  MINGGU, 20 OKTOBER 2019 | 05:47 WIB | Ida Iryani

Gibran Bantah Maju Pilkada Jalur Independen

MoeslimChoice | Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka menyebutkan dirinya tetap bakal maju Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020 melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Persoalannya, DPC PDIP Kota Surakarta, Jawa Tengah, sudah memiliki calon, dan bukan Gibran.

Meski begitu Pilkada 2020 baru akan berlangsung pada September tahun depan. Dengan demikian masih banyak perkembangan yang akan terjadi. Beberapa antaranya adalah aturan main Pilkada, mulai dari Undang-Undang Pilkada hingga Peraturan Komisi Pemilihan Umum yang dapat berubah.

Toh Gibran tampaknya memang belum menunjukkan tanda-tanda urung ikut Pilkada. "Saya sudah mendaftar ke PDIP, dan saya tidak pernah sekalipun, di manapun, serta siapa pun bilang kalau saya akan maju calon Wali Kota Surakarta melalui independen. Saya sudah mendaftarkan kartu tanda anggota (KTA) PDIP, dan menjadi kader akan tetap maju Pilkada Kota Surakarta melalui PDIP," kata Gibran seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 19/10/19.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegskan tak menyoal manuver politik Gibran maupun lawan lain pada Pilkada tahun depan. Dia bilang, meski rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP belum turun, ia meyakini pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa bakal menang di Pilkada Surakarta.

“Kami siap. Calon berapapun, kami siap menyukseskan dan memenangkan tentunya. Saya enggak perlu pakai modal duit kok. Militansi teman-teman PDIP lumayah gede. Dan selama saya memimpin PDIP di Solo, kursi legislatif dari 24 naik jadi 30. Artinya masyarakat merasakan perubahan,” tuturnya.

Sedangkan Gibran dirinya sudah bertemu beberapa orang senior PDIP di pusat. Dari pertemuan tersebut, dirinya diberi tahu bahwa sesuai aturan masih berkesempatan untuk mendaftarkan diri lewat DPD atau DPP PDIP. "Sudah jelas, saya akan maju tidak melalui jalur independen. Saya akan berjuang maju tetap melalui PDIP," katanya.

Menurut Gibran tahapan pendaftaran masih lama sekali. Dalam waktu dekat nanti ia bakal mendaftarkan diri melalui PDIP sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta melalui PDIP.


Komentar Pembaca