KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Imam Nahrawi

Hukum  SABTU, 19 OKTOBER 2019 | 08:25 WIB | Warni Arwindi

KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Imam Nahrawi

MoeslimChoice | Komisi Pemberantasan Korupsi menegaskan siap menghadapi permohonan praperadilan yang diajukan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Imam Nahrawi memang mengambil langkah hukum praperadilan ini agar lolos dari status tersangka dan bebas dari tahanan KPK.

Sedangka Jurubicara KPK Febri Diansyah mengatakan praperadilan merupakan hak seorang tersangka dan bukan sesuatu yang baru dialami KPK. Selain itu, lanjutnya, praperadilan merupakan bagian dari risiko tugas KPK sehingga segala bentuk penyidikan akan dilakukan secara hati-hati.

"Jadi tidak ada yang mengkhawatirkan saya kira, kalau mau praperadilan silakan saja. Yang pasti, kami hadapi karena KPK yakin sekali dengan prosedur yang sudah kami lakukan, apalagi subtansi perkaranya," kata Febri, Jumat, 18/10/19.

Febri juga bilang, KPK akan menindaklanjuti isi petitum permohonan yang diajukan Imam Nahrawi. Antara lain, soal penilaian tidak sahnya penetapan tersangka Imam. "Kalau panggilan sidangnya sudah ada, permohonannya sudah disampaikan ke KPK, tentu kami pelajari lebih lanjut. Kalau misalnya belum memungkinkan waktu yang diminta tersebut dilakukan persidangan perdana tentu kami akan mengajukan surat atau tindakan-tindakan lain," ungkap Febri.

Imam Nahrawi yang menjadi tersangka kasus dugaan suap dana hibah Kemenpora pada KONI itu mendaftarkan praperadilan pada Selasa 8 Oktober 2019 dengan nomor perkara  130/Pid.Pra/2019/PN JKT.SEL. Inti tuntutan praperdilannya adalah menganulir status tersangka Imam Nahrawi dan membebaskannya dari tahanan hingga korupsi yang dilakukan Miftahul Ulum mendapat putusan hukum tetap. Imam dan Miftah saat ini sudah menjadi tahanan KPK.

Sedangkan sidang praperadilannya dijadwalkan pada Senin, 21/10/19 pekan depan. Menurut rencana,  sidang praperadilan ini akan dipimpim hakim tunggal Elfian sebagaimana dapat ditelusur di pangkalan data sistem informasi penelusuran perkara pada laman pn-jakartaselatan.go.id.


Komentar Pembaca
Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Kamis, 21 November 2019 | 20:37

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Kamis, 21 November 2019 | 15:35

Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

Kamis, 21 November 2019 | 17:00