Puluhan Gajah Selamat Dari Kepungan Api dan Asap

Tentang Sumsel  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 | 16:49 WIB | Rahmad Romli

Puluhan Gajah Selamat Dari Kepungan Api dan Asap

MOESLIMCHOICE. Puluhan gajah liar berhasil diselamatkan petugas saat melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di Jalur 21 Desa Air Gading Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin, Rabu kemarin (16/10).

Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran saat meninjau Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Hutan Suaka Marga Satwa Padang Sugihan memastikan 38 ekor gajah selamat dari bahaya Karhutlah. Dijelaskan Letkol Arh Amlfian Amran, sebelumnya kawasan Hutan Konservasi ini terbakar hebat di sebelah bagian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Namun dua hari ini api dengan cepat merambat ke wilayah Kabupaten Banyuasin. Maka dari itu dirinya turun langsung ke lapangan guna membantu memadamkan api. Ditambahkan Dandim, upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadaman dan melakukan penyekatan dengan cara mengisi parit-parit kecil dengan air yang disedot dari sungai Jalur 21 untuk memutuskan api dilahan gambut.

"Syukur Alhamdulillah saat melaksanakan pemadaman, lokasi pemadaman diguyuri hujan deras selama lebih kurang dua jam sehingga memudahkan petugas pemadaman untuk memadamkan api," terangnya. [rhd/bubun]


Komentar Pembaca