Kebakaran di Kampung Kapolri, Hanya Menyisakan Baju Di Badan

Tentang Sumsel  RABU, 16 OKTOBER 2019 | 14:12 WIB | Rahmad Romli

 Kebakaran di Kampung Kapolri, Hanya Menyisakan Baju Di Badan

MOESLIMCHOICE. Warga yang rumahnya terkena kebakaran mengaku tidak sempat lagi menyelamatkan harta bendanya akibat cepatnya kobaran api. Kebakaran yang berada di kampung halaman Kapolri Jendral Tito Karnavian di Jalan Pangeran Sido Ing Kenayan, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus Palembang, pada Selasa (15/10) kemarin menghanguskan 59 unit rumah.

Selain rumah ada juga lima unit kontrakan yang terbakar termasuk bedeng milik H Andi atau Abah Andi yang merupakan orangtua dari Kapolri Jendral Tito Karnavian. Atas kejadian ini sedikitnya 84 kepala keluarga (KK) yang berada di Lorong Kayu Bulat, Lorong Tepian Musi serta Lorong Hidayah kehilangan tempat tinggal.

Di hari pertama pasca kebakaran, warga yang rumahnya ikut terbakar terlihat sedih. Mereka mendatangi lokasi kejadian untuk mengumpulkan sisa-sisa barang yang masih dapat diambil dan membersihkan puing-puing dengan alat seadanya.

"Mau bagaimana lagi, cuma besi yang tersisa. Lumayan masih bisa dijual, bisa dapat uang," kata seorang warga yang menjadi korban kebakaran ketika sedang membersihkan besi dari puing rumahnya yang terbakar.

Menurut Rustini, keluarganya banyak tinggal di lokasi kejadian dan hari ini akan melihat lokasi rumah yang terbakar untuk mengumpulkan apa saja yang tersisa.

"Keluarga kami tidak bisa menyelamatkan apapun, hanya baju di badan bae (saja). Semuanya habis terbakar, dak sempat lagi menyelamatkan apapun," terangnya.

Sementara di lokasi kejadian, dari rumah-rumah kayu yang ikut terbakar masih terlihat asap sisa kebakaran.

Di lokasi kejadian, Camat Gandus Ricky Fernandi mengatakan, pihaknya telah mendirikan satu posko terpadu di halaman MTs Satu Atap Al Hilaliyah Kelurahan Karang Anyar serta tenda sementara dan dapur umum yang diperuntukkan bagi para korban.

"Tentunya posko terpadu ini sangat diperlukan bagi para korban. Untuk itu, pihak kecamatan, kepolisian, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan pihak-pihak lain segera membuka posko ini bagi para korban," tuturnya.

Saat ini bantuan berupa bahan makanan dan pakaian sangat dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban kebakaran. Bagi yang ingin memberi bantuan ke korban kebakaran di Kelurahan Karang Anyar Gandus, dapat memberikan bantuan secara langsung ke posko bantuan terpadu.

"Kami persilahkan, bagi yang ingin memberikan bantuan ke korban kebakaran disini, silahkan mengantar bantuannya ke posko terpadu yang telah tersedia. Seperti makanan ringan dan pakaian, merupakan bantuan yang sangat dibutuhkan para korban saat ini," ucapnya. [rhd]


Komentar Pembaca
Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Kamis, 21 November 2019 | 20:37

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Kamis, 21 November 2019 | 15:35

Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

Kamis, 21 November 2019 | 17:00