Kasus Impor Ikan, KPK Panggil Sekjennya Menteri Susi

Hukum  SELASA, 15 OKTOBER 2019 | 10:37 WIB

Kasus Impor Ikan, KPK Panggil Sekjennya Menteri Susi

Ilustrasi

MoeslimChoice | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Nilanto Perbowo, sebagai saksi dalam kasus dugaan suap izin impor ikan tahun anggaran 2019.

Ia akan bersaksi untuk tersangka Mujib Mustofa, Direktur PT Navy Arsa Sejahtera, yang dijerat sebagai tersangka oleh KPK.

"Kita periksa dalam perkara untuk tersangka MMJ (Mujib Mustofa)," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, kepada wartawan, Selasa (15/10/2019).

Dalam pemeriksaan kali ini, penyidik KPK juga memanggil pemilik PT Bahari Sejahtera, Ang Benny Shawpindo; Direktur PT YFIN Internasional, Juniosco Cuaca; dan seorang ibu rumah tangga, Nurlaila.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan dua orang sebagai tersangka, yakni Risyanto Suanda selaku Direktur Utama Perum Perindo, dan Mujib.

Risyanto diduga menerima suap dari Mujib senilai USD 30 ribu atau senilai Rp 1,6 miliar. Mujib diduga menyuap Risyanto untuk mendapatkan kuota impor ikan yang dimiliki Perum Perindo sebanyak 250 ton.

Perum Perindo selaku BUMN memang punya hak untuk impor ikan bila sudah mengantongi rekomendasi dari KKP dan izin dari Kemendag.

Selain itu, Risyanto juga diduga menerima senilai USD 30 ribu dan USD 80 ribu dari perusahaan importir ikan lain. KPK masih mendalami siapa perusahaan importir ikan tersebut. [yhr]


Komentar Pembaca
Democracy Award: Ketua Mpr Ri, Bambang Soesatyo
Jusuf Kalla: Terimakasih Majalah Moeslim Choice
Panen Koruptor di Jawa Barat

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019 | 21:44