Anies: Menabung Sampah Harus Jadi Keceriaan

Ekonomi  SENIN, 14 OKTOBER 2019 | 14:20 WIB | Ilham Akbar

Anies: Menabung Sampah Harus Jadi Keceriaan

Peluncuran Gerakan "Ayo Menabung Dengan Sampah" yang diinisiasi Pemprov DKI, OJK, dan Bank BNI

MoeslimChoice | Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, berharap agar kegiatan “menabung sampah” menjadi semacam keceriaan.

Pesan itu disampaikan Anies usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) untuk menginisiasi Gerakan Ayo Menabung dengan Sampah di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Senin (14/10/2019).

Menurut Anies, Gerakan Ayo Menabung dengan Sampah merupakan salah satu bentuk pembiasaan diri.

“Saya garis bawahi, budaya menabung butuh pembelajaran dan pembiasaan. Begitu seseorang memiliki kebiasaan, maka akan tumbuh budaya, dan selanjutnya akan membentuk karakter, terlebih kepada anak-anak,” ujarnya.

Gerakan ini, lanjut Anies, menjadi program yang mendorong kebiasaan menabung sejak usia dini sekaligus membentuk kesadaran terhadap pentingnya kebersihan lingkungan.

Mekanismenya, menabung dengan cara mandiri melalui pemilahan sampah dari sumbernya, lalu menyetorkannya ke bank sampah.

“Saya ingin Dinas kampanyekan lebih luas, sehingga jumlah sekolah yang ikut program ini menjadi lebih banyak. Berikan reward kepada siswa atau guru yang mencapai target tinggi (dalam pengumpulan sampah). Jadikan kegiatan ini sebagai keceriaan,” pesan Gubernur Anies. [yhr]


Komentar Pembaca