Festival Keraton Buton 2019 Berlangsung Hingga 17 Oktober 2019

Wisata  SABTU, 12 OKTOBER 2019 | 11:30 WIB | Warni Arwindi

Festival Keraton Buton 2019 Berlangsung Hingga 17 Oktober 2019

MoeslimChoice | Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar lagi Festival Keraton Buton. Kali ini acara akan berlangsung mulai hari ini, Sabtu, 12/10/19 dan berakhir pada Kamis, 17/10/19. Tahun ini Festival Keraton Buton berlangsung untuk yang ketujuh kali.

Berbagai ritual adat masyarakat setempat menjadi bagian sakral dari peringatan Hari jadi Kota Baubau ke 478 dan Hari Ulang Tahun ke-18 Kota Baubau sebagai daerah otonom. Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Ali Arham mengungkapkan, untuk paket acara setiap tahun selalu berubah disesuaikan dengan konten adat.

Tahun ini festival mempromosikan antara lain ritual adat Batupoaro dan Tuturangiana. “Pesona Batu Poaro merupakan ritual adat dan budaya yang dilaksanana oleh masyarakat di Kecamatan Batupoaro sedangkan Ritual adat Tuturangiana Andala di Pulau Makasar menjadi satu agenda yang banyak disaksikan masyarakat domestik hingga mancanegara,” ungkap Ali Arham.

Selain itu, kata dia, dalam Festival Keraton Buton 2019 ada karnaval sarung tenun buton dan Adat Santiago. "Karnaval Santiago adalah proses ziarah ke makam raja-raja Buton yang telah berjasa selama masa Kesultanan Buton,” ujarnya.

Sedangkan kalender lengkap  acara yang bernama resmi Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton 2019 adalah sebagai berikut:

Sabtu, 12 Oktober 2019: Pesona Seni Kreatif di Kotamara
Minggu, 13 Oktober 2019: Pesona Batupoaro di Kelurahan Wameo
Senin, 14 Oktober 2019: Pesona Tuturangiana Andala dan Pesona Poagona Lipu di Kelurahan Sukanaeo
Selasa, 15 Oktober 2019: Serasehan Wisata Budaya di Baruga Keraton dan Pesona    Bubusiana Lipu di Baruga Kelurahan Kaesabu
Rabu, 16 Oktober 2019: Pesona Tari Kolosal dan Pesona Tenun karnaval di Lapangan Lembah Hijau
Kamis, 17 Oktober 2019: Pesona Santiago di Kawasan Benteng Keraton, Pekande-Kandea di Baruga Keraton.

Malam pembukaan 12 Oktober di Kotamara juga diramaikan dengan pameran Baubau Expo Festival Keraton Kesutanan Buton dan pameran benda pusaka dan produk daerah unggulan. Kegiatan malam hari selama pelaksanaan juga digelar Lomba seni budaya mulai dari musik tradisonal, lagu dan tarian daerah serta atraksi kegiatan masyarakat Buton masa lalu. Lokasi acara malam adalah di Kotamara.

Kotamara ya, bukan kota mana. Kalau belum tahu, sila datang ke sana.


Komentar Pembaca