Salam Hormat untuk Para Chef Indonesia

Wisata  SABTU, 12 OKTOBER 2019 | 11:55 WIB | Warni Arwindi

Salam Hormat untuk Para Chef Indonesia

MoeslimChoice | Banyak yang kurang hirau dengan keberadaan chefs (koki) di industri wisata, padahal tanpa mereka apalah artinya jalan-jalan dengan perut keroncongan. Demikianlah, para chef Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Chef Association (ICA) pun mengingatkan industri wisata tentang keberadaan mereka dengan menggelar acara Chef Expo 2019 selama tiga hari dan berakhir pada Jumat, 11/10/19.

Wajah-wajah gembira para ahli mengolah bahan pangan menjadi sajian siap santap itu tampak di acara penutupan. Mudah-mudahan ini pertanda kesuksesan.

Chef Expo kali ini lebih mengangkat kuliner tradisional Indonesia. Ini merupakan penyelenggaraan kali kedua setelah tahun lalu digelar acara yang sama.

Pada penyelenggaraan kali ini, selain memamerkan aktivitas terkait kuliner, Chef Expo juga melakukan aktivitas sosial dengan memberikan edukasi ke pengunjung berupa hands on demo food/carving bagi pengunjung. Di samping itu ada juga konsultasi gratis untuk dasar-dasar manajemen resto dan clinic recipe di ICA Lounge.

Presiden Indonesian Chef Association (ICA), Henry Alexie Bloem menilai penyelenggaran Chef Expo 2019 memiliki nilai promosi yang tinggi. Jadi, kata dia, acara ini dinilai lebih efektif memperkenalkan para chef di Indonesia sekaligus mempromosikan kuliner Nusantara.

Di acara puncak menjelang penutupan itu, Henry bilang, Chef Expo  yang digelar selama tiga hari menjadi ajang rutin yang diadakan oleh ICA supaya masyarakat lebih mengenal para chef yang tergabung dalam ICA. Acara ini juga sekaligus sebagai ajang mengenalkan kembali berbagai masakan Nusantara dan berbagai karya inovatif dari teman-teman yang berasal dari pelosok Nusantara.

Acara yang berlangsung pada 9-11 Oktober 2019 ini dikemas berbeda dengan acara sejenis sebelumnya. Sejumlah acara cooking demo, baking demo dan beragam kompetisi digelar olah para chef Indonesia yang handal, mulai dari chef Yongki Gunawan, Handry Sumanto, Vindy Lee, Axiang, Juna, Muto hingga Sisca Soewitomo turut memeriahkan acara yang sejak awal dipadati pengunjung.

Pada acara tahun ini, beragam kegiatan yang dilakukan yakni demo masak dari para celebrity chef, pameran buku kuliner, workshop bisnis kuliner hingga perlombaan masak. Chef expo yang sudah diselenggarakan pada tahun kedua ini lebih mengangkat kuliner tradisional Indonesia. Termasuk di dalamnya ada  perlombaan masak yang memperebutkan total hadiah Rp 120 juta seperti di Black Box Competition dan lomba kelas pastry.

Perlombaan Black Box competition tahun ini menghadirkan 10 tim pilihan dari Bali, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Juri-juri pilihan pada hari Jumat ini menentukan siapakah tim terbaik yang mampu menghadirkan kreasi Indonesian Cuisine terbaik yang dikreasikan dari 35 bahan misteri di dalam Black Box Competition.

Menariknya, tahun ini dibuka kelas lomba baru yaitu Kelas Pastry yang terdiri dari kelas Kue Klasik Indonesia, Cake Decoration dan Kelas Modern Plate Up Dessert di hari pertama yang didukung penuh oleh brand ternama Blue Band. Selain kelas Pastry, tahun ini juga dibuka kelas baru yaitu Kelas Live Cooking berbahan dasar Healthy dan Sustainable.

Total pengunjung yang hadir dalam Chef Expo 2019 berjumlah sekitar 8.000 orang. Bahkan di hari terakhir ini terlihat lebih ramai, mungkin karena pada hari terakhir tersebut adalah puncak rangkaian acara, termasuk pengumuman pemenang seluruh kompetisi dan pengumuman berbagai penghargaan. Termasuk di dalamnya masih dibukanya klinik wirausaha kuliner bagi masyarakat.

Expo ini juga dipersembahkan bagi pecinta kuliner Indonesia dan yang ingin terjun langsung menjadi pelaku industri horeca (hotel, resto, cafe). “Ini tentunya bisa memfasilitasi masyarakat untuk bisa mendapatkan beragam informasi serta inovasi terbaru dan tentunya berkesempatan untuk bisa menjalin kerja sama dengan ICA yang diharapkan bisa lebih bersinergi dengan berbagai pihak,” ungkap Slamet Jarwanto, Ketua Panitia Chef Expo 2019.

Kejutan yang lain pada tahun ini juga adalah tampilnya Chef Marinka sebagai juri tamu di hari kedua, serta hadirnya pakar Bakery Hadi Tuwendi dan Nilasari. Juga hadir pula founder Dapur Solo Group, Swan Kumarga dalam talk show Culinary Enterpreuneur di hari ketiga.

Chef Expo 2019 juga memberikan beberapa penghargaan kepada beberapa figur yang turut mengangkat nama baik chef Indonesia di kancah nasional hingga internasional. Ada tiga orang chef yang mendapatkan penghargaan, di antaranya chef Sabil Al Rasyid (lifetime Achievment 2019), chef Chandra Yudasswara (Best Chef and Restaurant 2019) dan Chef Ragil Imam Wibowo (Indonesian Chef of The Year 2019).

Berikut daftar pemenang Kompetisi Memasak di Chef Expo 2019:

Pemenang Black Box Competition
Tim Teatro Gastronic Bali

Pemenang Kategori  Live Cooking Indonesian main Course- Based Poultry
Juara Satu: Andi Pratama
Juara Dua:  Bayu Prasetyo
Juara Tiga: Bagus Ardian

Pemenang Kategori Live Cooking Indonesian main Course- Based Poultry (sous chef)
Juara Satu: Eddy Santoso
Juara Dua:  Tyo   
Juara Tiga: Hendik Kristiono

Pemenang Kategori  Live Cooking Indonesian main Course- Based Poultry (Junior)
Juara Satu: Sayid Fath Dzaki (Poltekpar Palembang)
Juara Dua:  Septo Adi Prabowo  (Universitas Negeri Jakarta)
Juara Tiga: M Apriansyah (Poltekpar Palembang)

Pemenang Kategori Cake  Decoration Butter Cream/Sugar past
Juara Satu: Dhira
Juara Dua:  Patricia
Juara Tiga: Djodi Irwanto

Pemenang Kategori Main Course  berbahan dasar Healthy & Sustainable
Juara Satu : Chandra Perdana
Juara Dua: Heri Pangestu
Juara Tiga: Edy Santoso

Pemenang Kategori Live Baking Indonesian Cake Classic
Juara Satu: Leonardo
Juara Dua : Kevin
Juara Tiga: Nicholas

Pemenang Kategori Live Cooking Indonesian main Course- Based Seafood
Juara Satu: Agus Suprianto
Juara Dua : Nizar
Juara Tiga: Asep Hamdani  

Pemenang Kategori Live Cooking Indonesian main Course- Based Seafood (Junior)
Juara Satu: Armando Pangestu (SMK  Patria)
Juara Dua : Bimo Aryo Tejo (Poltekpar Palembang)
Juara Tiga: Budi Rahman  (Universitas Negeri Jakarta)

Pemenang Kategori Live Cooking Indonesian main Course- Based Seafood (sous chef)
Juara Satu: Hendro Purwanto
Juara Dua : Sutopo
Juara Tiga: Dicky Fahiefi

Selamat untuk para juara. Salam hormat untuk seluruf chef Indonesia di mana saja berada.


Komentar Pembaca