Kisruh, Tender Pengadaan Seragam SMA Gratis di Jatim

Daerah  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 | 09:26 WIB

Kisruh, Tender Pengadaan Seragam SMA Gratis di Jatim

Ilustrasi

MoeslimChoice | DPRD Jawa Timur meminta dilaksanakan tender ulang atau lelang ulang pengadaan seragam gratis SMA setelah terjadi kekisruhan.

"Tentu hal ini berdampak pada mundurnya penyaluran seragam gratis, yang harusnya direalisasikan pada September lalu. Tender ulang harus dilakukan," kata Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi di Surabaya, Kamis (10/10/2019).

Dinas Pendidikan Jatim dua kali gagal melakukan tender seragam gratis untuk SMA. Padahal, sesuai janji, seragam itu seharusnya dibagikan di tahun ajaran baru pada Juli lalu.

Hingga sekarang, penyaluran seragam gratis sesuai janji pemerintahan Khofifah-Emil belum terealisasikan.

Alasannya, pemenang tender proyek pengadaan seragam senilai Rp 132 miliar itu tidak memenuhi persyaratan. Yakni, tidak sanggup menyelesaikan pengerjaan seragam dalam kurun waktu 5 bulan.

Menurut Kusnadi, saat ini proses pengajuan tender ulang tengah dilakukan. Hal ini tentu berdampak pada molornya pendistribusian seragam gratis kepada SMA/SMK se-Jawa Timur.

Dampaknya, para siswa terpaksa harus membeli seragam sekolah baru karena seragam gratis belum ada.

Pihaknya mendesak Pemprov Jatim untuk segera melakukan proses lelang ulang atau retender yang harus dilakukan secepatnya.

"Keterlambatan penyaluran seragam gratis tidak boleh berlarut-larut, mengingat saat ini proses belajar mengajar sudah hampir mamasuki satu semester," tambahnya.

Dinas Pendidikan Jatim membuka kembali tender seragam sekolah. Sebab dari tender yang dibuka pada Juli lalu, tidak ada yang lolos. Sehingga, seragam sekolah gratis tak bisa dibagikan sesuai rencana awal.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Hudiyono, mengaku tidak tahu-menahu mengapa perusahaan yang mengikuti lelang seragam sekolah gratis tak lolos.

Menurutnya, hal itu merupakan kebijakan dari Unit Layanan Pengadaan. Lantaran tak ada perusahaan yang menang lelang, saat ini dibuka kembali lelang untuk pengadaan seragam sekolah gratis.

Dibukanya kembali lelang seragam sekolah gratis ini membuat pembagian seragam sekolah yang dijanjikan turun pada akhir Agustus lalu menjadi semakin molor.

"Kami tidak bisa memastikan kapan seragam sekolah gratis bagi siswa SMA-SMK di Jatim itu dibagikan," ujar Hudiyono. [yhr]


Komentar Pembaca
Maruf Amin: Khilafah Menyalahi Nkri

Maruf Amin: Khilafah Menyalahi Nkri

Sabtu, 09 November 2019 | 06:30

Fitnah Anies Tak Sebanding Yang Dialami Rasullah
Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Sabtu, 09 November 2019 | 22:30