Shalat Tak Khusyuk? Bisa jadi Ini Sebabnya

Kajian  SENIN, 07 OKTOBER 2019 | 08:41 WIB

Shalat Tak Khusyuk? Bisa jadi Ini Sebabnya

MELAKSANAKAN ibadah shalat adalah kewajiban bagi seorang muslim yang beriman. Shalat secara bahasa berarti doa, sedangkan menurut istilah fiqih, shalat adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhir dengan salam.

Shalat yang wajib dilaksanakan bagi setiap individu umat muslim yang mukallaf (balig dan berakal) itu ada lima waktu dalam sehari semalam. Yaitu shalat Shubuh, Dhuhur, Asar, Maghrib, dan Isya’. Adapun dalil disyariatkannya terdapat dalam banyak ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits. Di antaranya adalah ayat-ayat dan hadis-hadis sebagai berikut.

Q.S. Ar-Rum/30: 17-18
فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ

Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pada pagi hari, (17)

وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ

dan segala puji bagi-Nya baik di langit, di bumi, pada malam hari dan pada waktu zuhur (tengah hari) (18)

Di dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji Ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii karya Dr. Mustafa Al-Bagha, Mustafa Al-Khan, dan Ali Asy-Syarbaji dikatakan sebagai berikut.

قال ابن عباس رضي الله عنهما: أراد بقوله: { حين تمسون } : صلاة المغرب والعشاء، { وحين تصبحون } : صلاة الصبح، { وعشياً } : صلاة العصر، { وحين تظهرون } صلاة الظهر.

Ibnu Abbas r.a. (sahabat Rasulullah saw. yang mendapatkan julukan Tarjumanul Qur’an/penerjemah Al-Qur’an dan ahli tafsir) mengatakan bahwa yang dimaksud firman Allah swt. (Hiina tumsuuna/pada petang hari) adalah shalat Maghrib dan shalat Isya’, firman (Hinna tushbihuuna/pada pagi hari) adalah shalat Shubuh, (wa Asyiiyyan/malam hari) adalah shalat Ashar, dan firman (wa hiina tudhiruun/pada waktu Zuhur) adalah shalat Dhuhur.

Q.S. An-Nisa/4: 103
اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Jadi, memang shalat itu dilakukan tidak sembarang waktu khususnya shalat wajib, ada waktu-waktu khusus melaksanakannya.

Seringkali banyak orang tidak khusyuk saat menjalankan ibadah shalat. Dari sisi sains, bila ada orang sholat tapi tidak khusyuk, maka otak bagian prefrontal cortex (PFC) terlihat aktif. Sebaliknya, jika sholat dikerjakan dengan hati dan pikiran yang khusyuk, bagian otak PFC tidak menunjukkan aktivitas apa pun. Hal ini menunjukkan sholat yang khusyuk memberikan efek menenangkan yang sangat luar biasa pada otak.

Namun, bisa jadi juga saat menjalankan ibadah shalat seseorang sedang diganggu setan bernama Khanzab (ada juga yang menyebutnya Khinzib). Setan satu ini memang punya kebiasaan mengganggu orang sholat. Jika Khanzab sudah hadir, kita mulai lupa bacaan sholat. Kita malah teringat hal-hal yang tidak penting sampai lupa jumlah rakaat.

Beberapa gangguan jin dalam Shalat yaitu :
.
Salah Bacaan
‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam Sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancu”. Rasulullah Shollallaahu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’aala Akupun melakukan hal itu dan Allah Subhaanahu Wa Ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku”.
(HR. Muslim)

Lupa Rakaat Shalat
“Jika salah seorang dari kalian Sholat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan.

Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia Sujud dua kali (Sujud Sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Membuat Ragu Apakah Telah Kentut/Berhadas
Ibnu Mas’ud meriwayatkan ia berkata “Sesungguhnya setan-setan mengalir pada peredaran darah manusia hingga ia datang pada salah seorang kamu dalam Sholatnya maka ia meniup pada duburnya dan ia membasahi saluran kencingnya kemudian ia berkata ‘engkau telah berhadas’.

Maka janganlah berpaling salah seorang kamu hingga ia mencium bau atau mendengar suara atau mendapatkan basah”.

Merasa Mengantuk
Seperti sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam: “Menguap ketika Sholat itu dari syetan. Karena itu bila kalian ingin menguap, maka tahanlah sebisa mungkin”. (HR Thabrani)

Menguap, Bersin, Muntah, Mimisan
Meriwayatkan oleh Ibnu Syaibah dan Ath Thobroni ia berkata “Menguap dan bersin dalam Sholat adalah dari setan”. At Tirmidzi dari Dinar ia berkata “Rosulullah bersabda : bersin, mengantuk, menguap dalam Sholat, haid, muntah dan mimisan adalah dari setan”.

Mengingat Sesuatu Yang Tadinya Terlupa
“Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam bersabda, “Apabila dikumandangkan Azan Sholat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara Azan tersebut. Apabila muadzin telah selesai Azan, ia kembali lagi. Dan jika Iqamat dikumandangkan, ia berlari. Apabila telah selesai Iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang Sholat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia Sholat”. (HR Bukhari)

Menoleh Kanan Kiri Ketika Shalat. 
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallaah ‘Anhaa, ia berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah Shollallaahu ‘Alaihi Wa Sallam tentang hukum menengok ketika Sholat”. Rasulullah Shollallaahu ‘Alaih Wa Sallam menjawab, “Itu adalah curian syetan atas Sholat seorang hamba”. (HR Bukhari)

Demikianlah 7 godaan yang di lakukan setan ketika manusia sedang melaksanakan Sholat sebagai umat muslim, harusnya kita dapat menangkal godaan tersebut dan semoga kita semua di bebaskan Allah Subhannahu Wa Ta'ala dari godaan tersebut.


Komentar Pembaca
Dosa Kah Jika Membangun Masjid Menyerupai Gereja
Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:35

BUDAYAWAN: RASIS!

BUDAYAWAN: RASIS!

MCTVRabu, 19 Januari 2022 | 11:56

USTADZ HILMI: SEMOGA ORANG INI SEGERA ISTIGHFAR & TAUBAT
Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

NasionalKamis, 20 Januari 2022 | 22:55

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

POLKAMSelasa, 18 Januari 2022 | 13:20

GUS ARYA: AKU MINTA MAAF, KASIHANILAH SAYA, TOLONG
Sempurnakan Standarisasi Dai, MUI Gelar Multaqot Du'at
Nusrat: Karena Beragama Islam, Saya DIpecat

Nusrat: Karena Beragama Islam, Saya DIpecat

InternasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 16:00

LSBPI MUI akan Gelar Pertemuan Seniman-Budayawan Muslim

LSBPI MUI akan Gelar Pertemuan Seniman-Budayawan Muslim

Inspirasi IslamMinggu, 23 Januari 2022 | 15:34

Ahok Dirumorkan Calon Kepala Otorita IKN, Ruhut: Wuuu..

Ahok Dirumorkan Calon Kepala Otorita IKN, Ruhut: Wuuu..

POLKAMMinggu, 23 Januari 2022 | 15:22

Mengapa Harus Pindah ke TV Digital, Ini Penjelasannya

Mengapa Harus Pindah ke TV Digital, Ini Penjelasannya

NasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 14:53