OTT KPK Tangkap 3 Direksi Perum Perindo

Hukum  SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 | 02:55 WIB | Sugiharta Yunanto

OTT KPK Tangkap 3 Direksi Perum Perindo

MoeslimChoice | Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan beberapa anggota dewan direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perusahaan Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Kasusnya adalah dugaan suap impor ikan. Dari operasi tangkap tangan (OTT) Tim Satgas ini, KPK mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai US$30.000 atau setara sekitar Rp400 juta.

Wakil Ketua KPK La Ode M Syarif mengungkapkan salah satu jenis ikan yang teridentifikasi dari jatah kuota impor ikan tersebut adalah ikan jenis frozen pacific mackerel atau ikan salem beku.

"Diduga uang ini merupakan fee jatah kuota impor ikan jenis tertentu yang diberikan Perum Perindo pada pihak swasta," kata Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Senin malam, 23/9/19.

Dia bilang, penyidik KPK hingga alam ini terus memeriksa secara intensif pihak-pihak yang diamankan tersebut di kantor KPK. "Total yang diamankan berjumlah sembilan orang. Pengamanan dilakukan di Jakarta dan Bogor," sambungnya

La Ode baru mengungkapkan dari sembilan yang ditangkap, tiga antaranya adalah jajaran direksi Perum Perindo. "Sisanya pegawai Perum Perindo, serta pihak swasta importir," katanya.

KPK memiliki waktu 1x24 jam sejak ditangkap untuk kemudian menentukan status hukum bagi mereka yang terjerat. Kita tunggu perkembangan berikutnya.


Komentar Pembaca