Hati-hati! Pakai Maskara Tiap Hari Picu Infeksi

Kesehatan  KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 | 14:08 WIB

Hati-hati! Pakai Maskara Tiap Hari Picu Infeksi

Ilustrasi mata terinfeksi

MoeslimChoice | Mata adalah indra yang sangat penting. Melalui mata, kecantikan seorang perempuan terpancar. Tidak salah jika kaum hawa menambahkan maskara sebagai salah satu kosmetik untuk mempercantik mata.

MC Award 2

Tapi yang harus diwaspadai adalah ternyata pemakaian maskara secara rutin dapat berbahaya bagi mata. Menurut optometrist sekaligus juru bicara dari Association of Optometrists, Ceri Smith-Jaynes, penggunaan maskara setiap hari dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada mata.

Seperti dilansir dari Mirror, maskara yang rutin digunakan setiap hari dapat menyebabkan infeksi serius, bahkan merusak lapisan air mata. Hal itu terjadi karena kosmetik yang dipakai di area sekitar mata dapat bermigrasi ke dalam mata dalam hitungan menit.

"Ada jenis maskara dengan tekstur berserat sehingga dapat mengiritasi sebagian orang," kata Jaynes.

Ia menambahkan, pemakaian kosmetik di area mata juga dapat mengganggu lapisan air mata yang halus. Jika bagian tersebut terganggu, maka air mata akan lebih cepat menguap, membuat mata kering, hingga iritasi.

Selain itu, kata Jaynes, botol maskara rentan terkontaminasi oleh bakteri yang hidup di kulit setelah beberapa bulan dan kemungkinan akan menyebabkan infeksi pada mata. Ia mengingatkan, pengguna maskara harus memperhatikan simbol atau petunjuk pemakaian pada yang tercantum pada botolnya.

"Sebaiknya digunakan selama 3 bulan setelah pertama kali dibuka dan dipakai. Jika sudah lebih, segera buang dan gunakan produk yang baru untuk mencegah terjadinya infeksi," ujarnya.

 

 

 

 


Komentar Pembaca