Info Penting! Hipertensi dan Jantung Bisa Dicegah Lewat Sarapan

Kesehatan  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 | 12:31 WIB

Info Penting! Hipertensi dan Jantung Bisa Dicegah Lewat Sarapan

Ilustrasi sarapan

MoeslimChoice | Sarapan merupakan aktivitas pagi yang menjadi rutinitas. Namun tidak banyak yang tahu manfaat dari sarapan sebenarnya.

MC Award 2

Sebuah studi menyebutkan mereka yang rajin sarapan berisiko rendah terserang penyakit jantung, hipertensi dan kolesterol. Peneliti dari University of Hohenheim di Jerman mengatakan, ketika orang melewatkan waktu makan baik itu sarapan maupun makan malam membantu membakar kalori lebih banyak.

Tapi yang perlu diwaspadai adalah sisi buruknya. Metabolisme tubuh akan terganggu, yakni pada kemampuan tubuh berpindah dari membakar lemak dan karbohidrat, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan inflamasi dan gangguan homeostasis glukosa. Efeknya meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Asisten profesor ilmu gizi di University of Alabama Birmingham, Courtney Peterson mengatakan, dari pada melewatkan sarapan, kalori lebih banyak terbakar saat melewatkan makan malam. Bila kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mengatur jadwal makan malam lebih cepat atau melewatkannya, yang sesuai dengan jam sirkadian manusia.

"Metabolismemu dan kendali gula darah lebih baik di pagi hari ketimbang saat sore dan malam hari," kata dia.

 


Komentar Pembaca
Democracy Award: Ketua Mpr Ri, Bambang Soesatyo
Jusuf Kalla: Terimakasih Majalah Moeslim Choice
Panen Koruptor di Jawa Barat

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019 | 21:44