Kebiasaan Ini Bisa Bahayakan Ginjalmu!

Kesehatan  JUMAT, 23 AGUSTUS 2019 | 15:01 WIB

Kebiasaan Ini Bisa Bahayakan Ginjalmu!

Ilustrasi ginjal

MoeslimChoice | Ginjal berperan penting dalam menyaring zat-zat buangan dalam tubuh yang berasal dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun. Ginjal juga menyaring kembali zat yang dibutuhkan tubuh seperti gulam natrium, asam amino, dan nutrisi.

MC Award 2

Begitu pentingnya organ tubuh ini, tahukah kamu jika ada kebiasaan yang bisa membahayakan ginjal. Berikut kebiasaan yang berbahaya bagi ginjal seperti dikutip dari HuffPost:

1. Merokok

Kebiasaan merokok membuat seseorang memiliki protein di dalam urinenya atau disebut proteinuria. Proteinuria ini menjadi tanda kerusakan ginjal. Pada orang yang berisiko penyakit ginjal, seperti pengidap diabetes dan hipertensi yang merokok cenderung mengalami kerusakan ginjal.

2. Kebanyakan garam

Makanan tinggi sodium seperti garam dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi ini dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu, bahkan merupakan penyebab utama dari gagal ginjal.


3. Minum obat penghilang sakit dalam jangka waktu lama

Konsumsi obat pereda nyeri tertentu dengan dosis tinggi dalam jangka waktu lama berbahaya pada jaringan dan struktur ginjal.

4. Banyak konsumsi gula

Kebanyakan gula bisa menyebabkan diabetes dan obesitas, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit ginjal. Yuk mulai kurangi konsumsi gula, baik pada makanan maupun minuman.

 

 

 

 


Komentar Pembaca