Kenali Sindrom Williams sebagai Kelainan Genetik Langka

Kesehatan  JUMAT, 09 AGUSTUS 2019 | 12:12 WIB

Kenali Sindrom Williams sebagai Kelainan Genetik Langka

Ilustrasi anak pengidap Sindrom Williams

MoeslimChoice | Sindrom Williams baru-baru ini menjadi pembicaraan. Anak kedua pelawak Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, mengidap penyakit langka ini. Apa sebenarnya penyakit ini? yuk simak pemaparannya.

Seperti dikutip dari WebMD, Sindrom Williams merupakan kelainan genetik langka yang dapat menyebabkan berbagai gejala dan masalah belajar. Anak dengan sindrom ini bisa memiliki masalah pada jantung, pembuluh darah, ginjal, dan organ lainnya. Secara visual, hidung, mulut, atau struktur wajah anak-anak lebih unik.

Penyebab penyakit ini adalah gen yang sekitar 26 gen dihapus dari kromosom 7. Gejala penyakit ini tergantung pada gen yang hilang. Sebagai contoh, seseorang lahir tanpa gen ELN akan memiliki masalah jantung dan pembuluh darah. Gen-gen tersebut hilang dalam sperma atau sel telur sebelum bertemu membentuk janin. Pada sejumlah kasus, bayi mewarisi penghapusan genetik dari orang tua dengan kondisi tersebut, namun kelainan acak pada gen.

Anak-anak dengan Sindrom Williams perlu mendapat perhatian ekstra dari  dokter. Meski demikian, dengan perawatan yang tepat, mereka bisa tetap berprestasi di sekolah.


Komentar Pembaca
Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Indonesia Akan Terapkan Hotel Syariah

Kamis, 21 November 2019 | 20:37

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Selamat Jalan Pak Bahtiar Effendy

Kamis, 21 November 2019 | 15:35

Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

Kamis, 21 November 2019 | 17:00