Saudi akan Bangun Bandara Lebih Dekat ke Makkah

Kabar Tanah Suci  SENIN, 29 JULI 2019 | 09:05 WIB

Saudi akan Bangun Bandara Lebih Dekat ke Makkah

Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Saudi Arabia.

Moeslimchoice | Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan membangun bandara baru di dekat Kota Makkah. Kapasitas bandara untuk lebih memudahkan jamaah haji ini akan lebih luas dari Bandara King Abdul Aziz di Jeddah.

Kepala Daerah (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah PPIH 2019, Arsyad Hidayat pada Minggu, 28/7/19 di Jeddah, mengungkapkan, info awal itu berasal dari pertemuannya dengan Mamduh Bukhori, direktur Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Kementerian Haji. Berdasarkan prediksinya, rencana pembangunan bandara yang merupakan inisiatif Pemerintah Arab Saudi ini karena beberapa pertimbangan.

Lokasi bandara akan lebih dekat ke Makkah, kata Arsyad, pasti menjadi pertimbangan. Selama ini jamaah haji membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam untuk berangkat dari Jeddah menuju ke Makkah.

Pertimbangan lain, melihat kebutuhan layanan bagi jamaah haji dari seluruh dunia yang terus bertambah. Peningkatan layanan diharapkan lebih memberikan kenyamanan bagi jamaah haji yang baru tiba di Arab Saudi.

Arsyad bilang, sebelum rencana pembangunan bandara baru terungkap, Kementerian Haji Arab Saudi pada tahun sebelumnya pernah mengungkapkan rencana untuk merenovasi Bandara King Abdul Aziz. Renovasi tersebut guna memperbaharui fasilitas bandara yang memang sudah lama beroperasi ini.

“Ternyata info itu mereka bilang bukan bandara sini (King Abdul Aziz), justru berencana membangun bandara baru di dekat Kota Makkah yang kapasitasnya jauh lebih besar dari bandara sini,” ungkap Arsyad di Jeddah lansir Media Center Haji Kementerian Agama.

Jika bandara baru ini sudah jadi, kemungkinan akan menggantikan Bandara King Abdul Aziz.“Saya juga sempat tanyakan apakah nanti akan menggantikan, ya kemungkinan besar akan menggantikan bandara haji ini kemudian bandara itu memang dedicated untuk haji,” tandas Arsyad.

Akan tetapi, direktur kementerian haji tak mengungkapkan lebih rinci tentang rencana pembangunan bandara baru. Baik soal lokasi maupun kepastian waktu pelaksanaan pembangunan. “Memang tidak dijelaskan tapi sudah ada rancangan ke arah sana,” ujarnya. ~ilham akbar


Komentar Pembaca