Di Banten, Samsat Mulai Tagih Tunggakan ke Rumah Warga

Ekonomi  KAMIS, 27 JUNI 2019 | 09:35 WIB

Di Banten, Samsat Mulai Tagih Tunggakan ke Rumah Warga

Menagih tunggakan pajak kendaran door to door | Dedi Rustandi RMOL Banten.

MoeslimChoice | Seratusan lebih petugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten mendatangi langsung kerumah-rumah warga yang menunggak pajak kendaraan bermotor (PKB) baik roda dua dan empat, Rabu, 26/6/19. Dari 131 petugas pajak Bapenda Banten yang terbagi diempat titik, semuanya menyebar di perumahan Kota Serang, seperti Taman Graha Asri, Puri, Widya Asri dan Griya Permata Asri (GPA).

Pantauan Kantor Berita RMOLBanten, sebelum 131 petugas pajak tersebut menyebar kerumah-rumah warga dilakukan gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kepala Bapenda Banten, Opar Sohari. Kemudian 131 petugas pajak termasuk Opar dan puluhan pejabat eselon III dan IV dibagi empat kelompok. Di Perumahan GPA, puluhan wajib pajak (WP) yang menunggak pajak, satu persatu didatangi.

Hasilnya ada yang langsung membayar pajak di samsat keliling yang setiap hari disiapkan. Ada juga  meminta jeda waktu menunggu sampai awal bulan.

Namun ada juga penunggak pajak satu unit kendaraan mewah. Tapi kendaraan roda empat yang bernilai miliaran rupiah itu sudah tidak ada ditempat. Pihak dealer sudah menyitanya karena cicilan kredit macet.

Opar Sohari usai melakukan penagihan secara door to door ke rumah-rumah mengaku, upaya mendatangi penunggak pajak dilakukan agar pendapatan asli daerah (PAD) meningkat. Tak hanya itu, cara tersebut dianggap ampuh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. "Dalam rangka memaksimalkan pendapatan. Dan tadi alhamdulillah, bisa kita lihat, ada wajib pajak, setelah kita datangi, mereka ingat bahwa kendaraannya sudah harus dibayar kembali pajaknya, dan langsung ke samsat keliling," kata Opar.

Ia menjelaskan, mendatangi penunggak PKB bukan saja dilakukan diempat lokasi perumahan di Kota Serang, akan tetapi disemua komplek-komplek. "Kita sudah pegang datanya. Di Kota Serang ini ada 56 perumahan. Dan program ini bukan hanya di Kota Serang, tetapi disemua kabupaten/kota Provinsi Banten," ujarnya.

Kepala UPT Samsat Kota Serang pada Bapenda, Ratu Iloh mengaku pihaknya gencar melakukan sosilisasi kepada masyarakat. "Kami rutin menyampaikan tentang pentingnya membayar pajak ke WP.dan alhamdulillah, target pendapatan kita sampai dengan sekarang sudah lebih dari 50 persen,"ungkapnya.

Ia memaparkan, untuk target PKB tahun 2019, UPT Samsat Kota Serang sebesar Rp126 miliar sebelumnya Rp 109 miliar (2018) yang sudah terealisasi 43 persen atau Rp 54 miliar. "Untuk  BBNKB I (bea balik nama kendaraan bermotor) Rp 120,2 miliar (2019) sebelumnya Rp 95 miliar (2018), terealisasi 38 persen Rp 45,5 miliar. Dan  BBNKB II target Rp 2,4 miliar naik dari tahun sebelumnya Rp 1,5 miliar relaiasisnya 9,7 persen atau Rp 970 juta. Kalau untuk air permukaan (AP) targetnya Rp 1,19 miliar realisasi Rp 545 miliar atau 45 persen," ungkapnya.


Komentar Pembaca
Dosa Kah Jika Membangun Masjid Menyerupai Gereja
Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Ipin Upin Bukan Kisah Nyata

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:35

BUDAYAWAN: RASIS!

BUDAYAWAN: RASIS!

MCTVRabu, 19 Januari 2022 | 11:56

USTADZ HILMI: SEMOGA ORANG INI SEGERA ISTIGHFAR & TAUBAT
Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

Pulang Umrah, 87 Jamaah Positif Covid-Probable Omicron

NasionalKamis, 20 Januari 2022 | 22:55

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

Sebelum Tuhan, Habib Bahar Ditantang Gus Arya Duluan

POLKAMSelasa, 18 Januari 2022 | 13:20

GUS ARYA: AKU MINTA MAAF, KASIHANILAH SAYA, TOLONG
LSBPI MUI akan Gelar Pertemuan Seniman-Budayawan Muslim

LSBPI MUI akan Gelar Pertemuan Seniman-Budayawan Muslim

Inspirasi IslamMinggu, 23 Januari 2022 | 15:34

Ahok Dirumorkan Calon Kepala Otorita IKN, Ruhut: Wuuu..

Ahok Dirumorkan Calon Kepala Otorita IKN, Ruhut: Wuuu..

POLKAMMinggu, 23 Januari 2022 | 15:22

Mengapa Harus Pindah ke TV Digital, Ini Penjelasannya

Mengapa Harus Pindah ke TV Digital, Ini Penjelasannya

NasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 14:53

 Wilayah Uighur Dibuka, Xinjiang Destinasi Wisata Olahraga Musim Dingin
Alhamdulillah..Kondisi Mahathir Mulai Stabil

Alhamdulillah..Kondisi Mahathir Mulai Stabil

InternasionalMinggu, 23 Januari 2022 | 13:16