Waduh! Banyak Minum Saat Sahur Malah Bikin Kelebihan Cairan

Kesehatan  SELASA, 21 MEI 2019 | 12:42 WIB

Waduh! Banyak Minum Saat Sahur Malah Bikin Kelebihan Cairan

Ilustrasi air minum

MoeslimChoice | Banyak dari kita yang belum paham jika kebanyakan minum saat sahur justru tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, terlalu banyak minum ketika sahur mengurangi kapasitas lambung dalam menerima makanan. Padahal, sahur adalah waktu tubuh untuk mengisi bahan makanan sehingga mempengaruhi kondisi tubuh saat menunaikan ibadah puasa.

Dokter spesialis gizi klinik dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK, mengatakan kebanyakan minum air putih ketika sahur berisiko overhidrasi atau kelebihan cairan. Hal ini terutama berlaku bagi pasien sakit jantung atau memiliki gangguan ginjal.

Ia menjelaskan, saat overhidrasi maka kandungan natrium dalam aliran darah berkurang. Natrium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di luar dan di dalam sel tubuh manusia. Saat tubuh kekurangan natrium, maka cairan di luar sel akan masuk ke dalam menyebabkan sel membengkak.

"Kebanyakan air bisa-bisa terendam, kemudian sesak napas. Kalau sesak napas ya bisa bengkak seluruh tubuh, akibatnya bisa meninggal," ujarnya.

Dian menyarankan, saat puasa kebiasaan minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dilakukan dengan pola khusus. Formasi 2-4-2, yaitu 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka sampai sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur lebih baik untuk tubuh kita.

 


Komentar Pembaca
Maruf Amin: Khilafah Menyalahi Nkri

Maruf Amin: Khilafah Menyalahi Nkri

Sabtu, 09 November 2019 | 06:30

Fitnah Anies Tak Sebanding Yang Dialami Rasullah
Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Sabtu, 09 November 2019 | 22:30