Peringatan Ancaman Ditebar Hingga Ke Lokasi Wisata

Daerah  SABTU, 27 APRIL 2019 | 11:30 WIB

Peringatan Ancaman Ditebar Hingga Ke Lokasi Wisata

Foto net

MoeslimChoice | Sesar Lembang menjadi ancaman nyata di masa depan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memasang 30 titik rambu peringatan yang disebar di wilayah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Tahap awal, BNPB telah memasang di tiga titik. Yaitu, dua rambu di kaki Gunung Batu dan lapangan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Sesko AU) di Kabupaten Bandung Barat. Sisanya di Geowisata Tebing Keraton, Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Berdasarkan pengamatan, rambu yang dipasang di lapan­gan Sesko TNI AU berbentuk bendera segitiga warna orange. Bendera yang dipacak di tiang setinggi dua meter itu cukup mencolok dari kejauhan.

Sebab, tepat dipasang dipinggir lapangan berdiri berjejer dengan pohon-pohon yang baru di­tanam, dan tidak ada tulisan apapun di tempat itu. Namun, satu meter sebelahbarat bendera itu ada yang ber­beda, kontur tanah tampak menurun, hingga dua meter, tidak ada bekas dikeruk, alias turun secara alami.

"Setiap tahun sesar bergerak aktif (turun) 3-5 milimeter setiaptahun," ujar Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja di Lembang, Bandung, seperti di kutip kantor berita politik RMOL.

Selanjutnya, rambu kedua dipasang tidak jauh dari komplek Sesko TNI AU, jaraknya sekitar500 meter menuju lokasi terse­but cukup sulit. Jalannya sempit, hanya selebar 3 meter.

Kondisinya curam. Dengan kemiringan hingga 50 derajat. Sementara, sisi kanan jalan tebing curang, dalamnya mencapai 100 meter, meski telah beraspal kendaraan yang lewat di jalan itu harus ekstra hati-hati, bila tidak, bisa meluncur ke dalam jurang.


Komentar Pembaca